Hubungi kami di

Film Film Film

Remake “Gita Cinta Dari SMA” pada Film “Galih dan Ratna”

Mike Wibisono

Terbit

|

BANYAK film box office di zamannya, kemudian diproduksi ulanng. Tentunya dengan nuansa sesuai zamannya. Bukan hanya film-film Hollywood, banyak juga film tanah air yang diproduksi ulang dan kemudian juga sukses. Yang terbaru,  film “Gita Cinta Dari SMA”  produksi tahun 1979 silam,  mucul kembali di versi barunya dalam “Galih dan Ratna”.

Pada film aslinya yang diproduksi pada tahun 1979, Galih dan Ratna adalah pasangan yang kemudian jadi idola remaja di zamannya. Galih diperankan oleh Rano Karno (kini 55 tahun) dan Ratna oleh Yessy Gusman (53 tahun). Mereka beradu aktinng dalam film Gita Cinta Dari SMA yang kemudian juga dibuatkan sekuelnya : Puspa Indah Taman Hati.

Film Gita Cinta Dari SMA bakal muncul lagi di versi masa kini dengan bintang pendatang baru Refal Hady dan penyanyi Sheryl Sheinafia.

Senin (5/12) awal pekan ini, cuplikan dan juga poster Galih dan Ratna telah dirilis. Tak banyak yang bisa diungkap dari video berdurasi satu menit 42 detik ini. Sebab, dialog yang terucap hanya sedikit.

Mungkin ini dilakukan untuk lebih memusatkan perhatian penonton kepada lagu tema film ini, yaitu “Gita Cinta”, yang dinyanyikan oleh Sheryl. Lagu “Gita Cinta” sejatinya adalah lagu tema Gita Cinta Dari SMA. Penyanyi aslinya adalah Chrisye.

Cuplikan ini juga menginformasikan kalau film Galih dan Ratna bakal menampilkan dua sosok pemeran dalam film aslinya yaitu Rano Karno dan Yessy Gusman.

Dulu, Gita Cinta dari SMA menggunakan lokasi di Jakarta. Kini Galih dan Ratna tampaknya akan memadu kasih di kota Bogor, jika melihat pelat nomor F pada angkutan kota (angkot) yang dinaiki oleh Sheryl dan Refal.

Beberapa adegan menampilkan toko kaset, menambah aroma nostalgia dalam film ini. Apalagi, ada adegan Galih memberi sebuah kaset berjudul “Gita Cinta” kepada Ratna.

Cuplikan ini merupakan pemanasan bagi film yang bakal tayang di bioskop mulai Maret 2017.

Galih dan Ratna disutradarai oleh Lucky Kuswandi, sineas muda berusia 36 tahun. Ia dikenal sebagai penggarap The Fox Exploits The Tiger’s Might, film yang terpilih untuk berkompetisi dalam Semaine de La Critique (Pekan Kritikus) dalam Festival Film Cannes 2015.

Sementara, dua peran utamanya bisa dibilang debutan. Refal Hady belum pernah main film, sebelumnya dia adalah model dan pembawa acara di televisi.

Sheryl mungkin sudah cukup berpengalaman dibanding Refal, tapi ia lebih dikenal sebagai penyanyi. Wanita yang baru genap berusia 20 ini pernah bermain dalam komedi Marmut Merah Jambu (2014) dan Koala Kumal (2016).

Cinta terhalang kultur

Film Gita Cinta dari SMA versi 1979  merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Eddy D. Iskandar yang terbit setahun sebelumnya. Ceritanya sederhana, mengenai sepasang anak SMA yang cintanya terhalang oleh perbedaan kultur dan latar belakang.

Galih berdarah Sunda, sementara Ratna orang Jawa. Orang tua Ratna juga telah menjodohkan putrinya dengan calon insinyur, membuat mereka semakin sulit bersatu.

Film karya sutradara Arizal ini cukup sukses. Menurut data PT Peredaran Film Indonesia (h/t FilmIndonesia.or.id), Gita Cinta dari SMA mencapai posisi ketiga dalam daftar film terlaris di Jakarta pada 1979. Jumlah penontonnya mencapai 162.050 orang. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook