Hubungi kami di

SPORT

Salah Prediksi Brasil dan Jerman

Mike Wibisono

Terbit

|

Foto : AFP

TIM Brasil gagal meraih kemenangan setelah ditahan imbang oleh Swiss 1-1 pada laga pertamanya di Grup E Piala Dunia 2018.

Begitu juga dengan tim unggulan lain, Jerman yang harus menelan pil pahit setelah kalah 0-1 lawan Meksiko.

Dengan hasil ini Brasil dan Swiss harus puas berbagi satu poin di laga pertamanya Grup E. Itu artinya Grup E untuk sementara dipimpin oleh Serbia yang di laga sebelumnya mengalahkan Kosta Rika 1-0

Brasil VS Swiss

Kedua tim langsung melakukan memperagakan permainan cepat di awal pertandingan. Swiss mencoba lebih dulu menekan lewat pergerakan Ricardo Rodriguez ke depan dan juga dibantu Granit Xhaka namun masih belum membuahkan hasil.

Sebuah usaha Blerim Dzemaili lewat sepakan kaki kanan Blerim Dzemaili menyambut umpan Xherdan Shaqiri masih terlalu tinggi di menit ke-3. Sementara Brasil perlahan lahan mulai mencoba menguasai bola dan menekan pertahanan Swiss.

Namun belum ada peluang berbahaya yang dilakukan oleh para pemain Brasil. Neymar mencoba bermain 1-2 dengan Gabriel Jesus di depan pertahanan Swiss namun bola masih dapat dipotong oleh pemain lawan.

Peluang dimiliki oleh Brasil di menit ke-11 lewat sepakan kaki kiri Paulinho di depan gawang namun masih melebar ke tiang jauh. Sementara Neymar terlambat untuk mengejar bola tersebut yang lebih dulu ke luar lapangan.

Brasil terus mencoba menekan pertahanan Swiss. Menit ke-17, sebuah serangan cepat dilakukan oleh Brasil namun sepakan Gabriel Jesus dari sisi kanan masih dapat diamankan kiper Yann Sommer.

Brasil akhirnya memimpin lebih dulu 1-0 lewat gol cantik Philippe Coutinho di menit ke-20. Gol dicetak Coutinho lewat sepakan kaki kanannya dari luar kota penalti dan bola lebih dulu mengenai tiang jauh sebelum masuk ke dalam gawang.

Sementara Swiss mencoba untuk mengejar ketertinggalannya namun masih kesulitan untuk menembus pertahanan Brasil. Sedangkan Brasil masih mencoba membuka peluang lewat sundulan Gabriel Jesus yang masih menyamping di menit ke-33.

Pada menit ke-40, sebuah pelung dimiliki oleh Swiss lewat sepakan kaki kanan Steven Zuber namun masih melebar ke sisi kanan gawang. Sementara peluang Brasil lewat sundulan Thiago Silva masih berada di atas gawang.

Skor 1-0 bagi Brasil bertahan hingga turun minum. Di awal babak kedua, Swiss lebih dulu menekan dan sebuah tendangan Blerim Dzemaili dari luar kotak penalti masih melenceng dari target.

Lima menit babak kedua berjalan, Swiss berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol tersebut dicetak oleh Steven Zuber lewat sundulannya setelah menyambut sepak pojok Xherdan Shaqiri

Gol tersebut sempat mendapatkan protes dari para pemain Brasil karena Zuber lebih dulu mendorong Miranda yang mengawalnya sebelum menyundul bola. Namun wasit tampaknya tidak terpengaruh dengan hal itu.

Brasil pun menekan mencoba membalasnya. Dua kali ancaman yang dilakukan oleh Coutinho di menit ke-57 masih dapat diblok. Sementara usaha Neymar dari sisi kiri namun masih mengenai pemain lawan sehingga bola mengenai samping jala.

BACA JUGA :  Ancelotti Garap Everton

Pada menit ke-60, Tite melakukan pergantian pemain memasukan Fernandinho menggantikan Casemiro. Pada menit ke-70, Coutinho kembali mengancam setelah menembah dari sisi kiri namun bola masih melebar ke sisi kanan gawang.

Brasil masih terus mencoba membuka peluang namun usaha Fernandinho dan Neymar masih belum membuahkan hasil. Pada menit ke-79, Tite memasukan Roberto Firmino menggantikan Gabriel Jesus guna mempertajam lini depannya.

Usaha pertama Firmino masih gagal setelah sepakannya masih melambung di atas gawang. Sementara sundulan Neymar menyambut crossing Willian masih dapat diamankan dengan baik oleh kiper Yann Sommer di menit ke-88.

Yann Sommer juga mampu menggagalkan sundulan Roberto Firmino. Sedangkan usaha Miranda lewat tendangan kaki kanannya masih melenceng tipis dari sasaran. Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Jerman VS Meksiko

Tertinggal satu gol di babak pertama rupanya tidak membuat serangan Jerman berbahaya. Malah 10 menit babak kedua, kedua tim seakan menurunkan tempo permainan.

Meski sudah tertinggal, Jerman seperti kebingunan dalam menyerang. Setiap serangan yang disusun, selalu dengan mudah dipatahkan oleh para bek Meksiko. Akibatnya, tak ada peluang berbahaya yang diperoleh Jerman.

Peluang manis Jerman didapat pada menit 64, Kimmick melakukan tendangan salto yang cukup indah. Namun sayangnya bola masih berada di atas mistar gawang Ochoa.

Meski tertekan, Meksiko bermain dengan tempo yang tepat. Javier Hernandez dkk mampu mengatur tempo, mejaga bola dan pintar mencari peluang.

Pada menit 69, Javier Hernandez mendapat peluang emas saat merangsek ke gawang Jerman. Namun pemain berusia 30 itu berhasil dijatuhkan bek Jerman, Matt Hummels di dalam kotak penalti. Beruntung wasit tak menunjuk titik putih.

Jerman terus menyerang lewat Kimmick, Mueller dan Toni Kros, tapi selalu menemukan jalan buntu. Meksiko kembali mendapat peluang emas ketika mendapat umpan dari proses serangan balik. Namun karena terburu-buru, tendangan Layun pun masih melebar.

10 menit menjelang babak akhir, Jerman semakin mengencangkan serangan. Masuknya pemain muda Julian Brandt menggantikan Werner memberikan sedikit perbedaan.

Pada menit 88, Brandt melakukan akselerasi cantik dari sisi kanan. Namun sayang, lagi-lagi aksi pemain 22 tahun tersebut gagal membuahkan gol. Brandt kemudian menembak dari luar kotak penalti, namun sayangnya, bola keras masih membentuk mistar gawang.

Peluang emas juga diperoleh dari Mario Gomez pada menit 88. Namun sundulan pemain  VfB Stuttgart itu masih berada di atas mistar gawang Meksiko.

Hingga babak kedua berakhir, Jerman gagal membuat gol dan harus rela kalah dari Meksiko dengan skor 0-1. Gol Meksiko diciptakan Hirving Lozano pada menit 34.

 

(*)

 

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook