Hubungi kami di

Kota Kita

Sandiaga Uno Usul Tambah Pelabuhan Untuk Sambut Turis ke Batam & Bintan

Terbit

|

Ilustrasi, pelabuhan

SEKTOR pariwisata Pulau Batam dan Bintan di Kepulauan Riau sedang dipersiapkan pemerintah untuk kembali menyambut wisatawan domestik maupun mancanegara.

Terkait persiapan pembukaan wisata Batam dan Bintan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyiapkan skema kedatangan para wisatawan.

Salah satunya, sebagaimana disebutkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. Ia sudah mengajukan tambahan pembukaan pintu gerbang masuk melalui pelabuhan.

“Untuk skemanya, saya sudah mengajukan tambahan untuk dermaga pelabuhan terkait penerimaan wisatawan internasional. Untuk Kepulauan Riau itu enggak ada bandara, jadi pintu masuknya cuma melalui laut dengan cruise dan yacht. Jadi kami ingin menambahkan beberapa pelabuhan untuk dibuka jadi pintu gerbang, termasuk Pelabuhan Benoa,” ujar Sandi dalam acara Weekly Press Briefing.

Selain empat pelabuhan internasional yang ada di Kepulauan Riau, pintu gerbang dari rute perjalanan udara juga sedang dipersiapkan. Mengingat, dari rute udara pintu masuk wisatawan saat ini masih dari Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai, Bali.

BACA JUGA :  Sejumlah Pekerja Mulai Perbaiki Jembatan Tirta Madu yang Roboh

“Saat ini, bersama pihak-pihak terkait kami terus mempersiapkan agar Bandar Udara International Hang Nadim bisa jadi salah satu pintu masuk wisatawan,” kata dia.

BACA JUGA :  Tahun 2021 BP Batam Catat PNBP Sektor Lahan Capai Rp 447, 7 Miliar

Seiring dengan hal tersebut, Kemenparekraf terus menggencarkan promosi ke-19 negara, menggenjot kesiapan pemerintah daerah, industri, masyarakat, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Agar kedatangan para wisatawan mancanegara nantinya bisa berjalan baik, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Saat ini, diketahui kawasan destinasi wisata yang sudah siap sepenuhnya adalah kawasan wisata di Lagoi, Bintan. Sedangkan kawasan Nongsa, Batam, pemerintah daerah setempat tengah mengejar tingkat 100 persen vaksinasi yang saat ini sudah mencapai 85 persen.

(*/iwa)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook