Terhubung Dengan Kami

Histori

Selamat Ultah, “NIKE”

Zilfia Sarah

Dipublikasi

pada

Nike Ardilla, foto : © Instagram @nikeardillaofficial

SOSOK fenomenal era 90-an, Almh. Nike Ardilla genap berusia 44 tahun hari ini, jumat (27/12). Pelantun tembang Bintang Kehidupan itu lahir pada 27 Desember 1975.

Di usianya yang belum genap 20 tahun pada awal dekade 90-an silam, Keke panggilan akrab Nike Ardilla telah meraih puncak kesuksesannya.

Nike berpulang saat tengah berada di puncak kesuksesan karena kecelakaan mobil yang dialaminya.

Ia meninggal dunia karena kecelakaan itu pada 19 Maret 1995.

Perempuan kelahiran Bandung tersebut memiliki nama asli Nike Ratnadila. Namanya sempat diganti menjadi Nike Astrina. Hingga akhirnya, nama Nike Ardilla dipilih sebagai nama populernya.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Nama Ardilla diambil dari Gunung Ardilaya di Desa Cisadap Kecamatan Ciamis, tetangga Desa Imbanagara. Nama itu adalah karuhun keluarga Nike di Ciamis.

Meskipun raganya sudah tak terlihat, namun sosok Nike Ardilla masih akan terasa segar di ingatan para penggemarnya.

Awal Mula Karier Nike Ardilla

Sebelum terkenal, sewaktu kecil Nike sudah mulai merintis kariernya dari panggung ke panggung.

Bukan di panggung besar, Nike mengawalinya dengan bernyanyi di panggung-panggung kecil.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Ya, dari kecil Nike memang diketahui sudah aktif dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kesenian.

Mulai dari bernyanyi hingga mencoba menarikan tarian daerah. Keseriusan Nike dalam menjajaki dunia tarik suara membawanya menjadi Juara Harapan I Lagu Pilihanku TVRI dan Juara Festival Pop Singer HAPMI Kodya Bandung. Menariknya, saat itu Nike Ardilla masih berusia 10 tahun.

Meski sudah menjuarai sebuah perlombaan, Nike tetap berusaha menunjukkan kemampuan bernyanyi kepada dunia. Setelah mengikuti berbagai macam festival menyanyi, Nike akhirnya ditemukan dengan produser musik Deddy Dores. Kariernya pun dimulai sejak saat itu.

Bermula dari Dunia Akting

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu (04/12/19), Nike mengawali karier dari dunia akting terlebih dahulu. Saat itu dirinya menjadi pemain film di usia 11 tahun. Satu tahun setelahnya, Nike debut menjadi penyanyi Indonesia dan album kompilasi pertama “Bandung Rock Power” rilis pada tahun 1987.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Nike Ardilla diketahui pernah membintangi sebuah film yang bertajuk “Ricky” pada 1990 silam. Dalam film tersebut, Nike Ardilla didapuk menjadi pemeran utama yang memerankan seorang tokoh Sita dan Lita.

Beberapa film dan sinetron lainnya juga pernah diisi oleh Nike Ardilla. Hingga sinetron yang terakhir dimainkannya yaitu “Warisan Darah Biru II” yang ditayangkan pada 1995, tepat di tahun kematiannya juga.

Kesuksesan Album Nike Ardilla

Setelah menjajal di dunia akting, Nike kembali menunjukkan kemampuan bernyanyi di hadapan publik. Dilansir dari biografiku.com yang dikutip dari Liputan6.com, Nike berhasil menjual sekitar 500 ribu kopi album pertamanya yang bertajuk “Seberkas Sinar” pada 1989 lalu.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Dinilai cukup sukses, pada tahun selanjutnya Nike Ardilla kembali merilis album terbarunya. Diketahui, album kedua yang bertajuk “Bintang Kehidupan” berhasil terjual hingga 2 juta kopi. Kesuksesan Nike Ardilla membawanya dijuluki sebagai Ratu Rock Indonesia atau lady rocker. Hal itu karena, hampir semua lagu Nike memiliki genre musik slow rock.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Tak hanya itu saja, hingga kini masih banyak orang yang memutar lagu-lagu Nike Ardilla. Bahkan, akun YouTube Indo Music Platinum masih mengunggah beberapa kompilasi lagu terbaik Nike Ardilla beberapa tahun lalu. Mengejutkannya, kompilasi lagu tersebut tercatat telah disaksikan lebih dari 16 juta kali.

Memiliki Fanbase yang Besar dan Luas

Tak mengherankan jika Nike Ardilla memiliki begitu banyak penggemar yang menyayanginya. Dari dulu hingga sekarang, masih banyak orang yang mengaku menjadi penggemar dari penyanyi legendaris Indonesia ini.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Terbukti dari banyaknya jumlah pelayat yang berkunjung setiap tahun untuk merayakan hari kematian sang lady rocker.

Mengejutkannya lagi, penggemar yang datang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Banten, Padang, Samarinda hingga Medan. Diketahui pula, sebelum mengunjungi makam Nike yang berada di Ciamis, para penggemar harus mendaftar terlebih dahulu ke Nike Ardilla Fans Club.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Ya, hingga kini Nike Ardilla masih memiliki akun fanbase di beberapa sosial media. Salah satunya yaitu di Instagram @nikeardillaofficial di mana telah ada 99.9 ribu pengikut. Jangan khawatir jika akun ini tidak aktif, hingga Rabu (04/12/19) akun tersebut telah mengunggah 2,885 foto ataupun video.

Menyabet Penghargaan Sejak Belia

Kemampuannya di bidang seni sudah tak perlu diragukan lagi. Karier Nike baik di dunia akting maupun tarik suara telah diapresiasi oleh banyak orang.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Tak hanya berasal dari warga Indonesia saja, kemampuannya juga diapresiasi oleh masyarakat Internasional.

Terbukti pada 1991, Nike mewakili Indonesia di Asia Song Festival di Shanghai China. Pada ajang tersebut, Nike berhasil meraih juara sebagai penyanyi pop terbaik se-Asia saat masih berusia 15 tahun. Sedangkan di Indonesia, penghargaan pertama yang didapatkannya yaitu 1st Champion “Lagu Pilihanku” pada 1980 silam.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Hingga raganya sudah tak terlihat, Nike masih mendapatkan penghargaan Triple Platinum Awards untuk Koleksi Komplet Album 2010 yang terjual hingga 500 ribu kopi hanya dalam dua hari.

Berjiwa Sosial Tinggi

Meskipun mencicipi kejayaan sebagai penyanyi legendaris Indonesia, semasa hidupnya Nike dikenal sebagai sosok yang berjiwa sosial tinggi.

Di usia belia, Nike diketahui telah membantu pembangunan SLB di Bandung. Nike saat itu membantu untuk membeli tanah yang berlokasi di Jalan Cipamokolan, Rancasari, Bandung.

Instagram @nikeardillaofficial 2019

Tadinya sekolah tersebut berada di pinggir Jalan Soekarno Hatta, Bandung. Berkat bantuan dari Nike, sekolah itu akhirnya dinamai dengan SLB BC Nike Ardilla. Hingga kini, sekolah SLB BC Nike Ardilla telah membantu anak-anak berkebutuhan khusus untuk merasakan bangku pendidikan.

———————————

Sumber : KOMPAS / MERDEKA / LIPUTAN6 / TEMPO / INSTAGRAM @nikeardillaofficial

Klik untuk memberi komentar

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Histori4 jam lalu

Sejarah Pengelolaan Air Bersih di Batam (2) | KONSESI MODAL ASING & DAM BALOI YANG MERANA

SEJALAN dengan perkembangan Batam di dekade 90-an, kota ini dituntut untuk mampu menyediakan air bersih dengan kualitas yang baik. Terutama...

Histori10 jam lalu

Sejarah Pengelolaan Air Bersih Di Batam (1) | WADUK-WADUK & DURIANGKANG YANG FENOMENAL

SAAT mulai ditangani oleh PT. ATB pada tahun 1995, Otorita Batam sebenarnya telah memiliki aset waduk yang telah beroperasi. Tercatat...

NGOBROL EVERYWHERE4 hari lalu

MENEROKA ASA PARIWISATA KITA | NGOBROL EVERYWHERE (FULL)

ADA lima atraksi wisata di Provinsi Kepri masuk dalam kalender acara atau Calender of Event (CoE) Pariwisata Indonesia yang ditetapkan...

NGOBROL EVERYWHERE5 hari lalu

MENEROKA ASA PARIWISATA KITA (Behind The Scene) | NGOBROL EVERYWHERE

ComingSoonSenin20012020 ADA lima atraksi wisata di Provinsi Kepri masuk dalam kalender acara atau Calender of Event (CoE) Pariwisata Indonesia yang...

Makan Enak5 hari lalu

Makan Ketam Mak Biyah | MAKAN ENAK!

KETAM atau rajungan atau kepiting merupakan biota laut yang sering diolah menjadi sajian lezat oleh masyarakat Kepulauan Riau. Hewan laut...

Jalan-Jalan Plesir6 hari lalu

Jalan-Jalan di JALAN LEBAR BATAM

SEJAK 2016, infrastruktur jalan di kota Batam mulai membaik. Ruas-ruas jalan utama yang berpotensi menyebabkan kemacetan, kini sudah semakin melebar....

Histori7 hari lalu

Perkembangan Doktrin Hukum Laut | SIAPA BERHAK ATAS LAUTAN?

SEJARAH telah membuktikan, bahkan hingga saat ini. Laut memiliki banyak fungsi strategis yang mendorong penguasaan & pemanfaatan oleh masing-masing negara...

Pop & Roll7 hari lalu

Pornhub Digugat Pria Tuli Karena Tak Ada Subtitle

SEORANG pria bernama Yaroslav Suris, warga Amerika Serikat, telah mengajukan gugatan kepada situs esek-esek Pornhub gara-gara kurangnya subtitle atau terjemahan dalam bentuk...

Pop & Roll7 hari lalu

Ade Irawan Meninggal Dunia

AKTRIS senior Ade Irawan menyusul sang puteri Ria Irawan yang telah meninggal dunia 11 hari yang lalu. Ria Irawan meninggal dunia pada...

Jalan-Jalan Plesir1 minggu lalu

“HIKAYAT SI BADANG” | JELAJAH WISATA KARIMUN (Bagian 2)

BADANG adalah sosok yang sangat terkenal di Tanjung Balai Karimun. Merupakan seorang Hulubalang Kerajaan Riau Lingga yang pada masa hidupnya...