Hubungi kami di

Dunia

Soal Dukungan ke Anwar Ibrahim, PAS Minta Penjelasan ke UMNO

Mike Wibisono

Terbit

|

Anwar Ibrahim, © scmp

PARTAI Islam Se-Malaysia (PAS) meminta penjelasan ke UMNO terkait pernyataan Presiden UMNO Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi yang menyatakan sebagian anggota parlemen partai tersebut mendukung pemimpin oposisi Datuk Seri Anwar Ibrahim.

Sebelumnya, Anwar Ibrahim mengklaim telah mendapatkan suara mayoritas di parlemen sehingga layak untuk menjadi perdana menteri.

“PAS terpanggil untuk mendapatkan penjelasan dari UMNO berhubung informasi terjadinya perubahan dukungan anggota-anggota parlemen UMNO terhadap Perdana Menteri Muhyiddin Yassin,” ujar Sekjen PAS, Takiyuddin Hassan di Kuala Lumpur, Jumat (25/9).

Takiyuddin mengatakan, jika benar klaim itu, maka UMNO telah tidak mematuhi kesepahaman dan persetujuan yang termaktub dalam Piagam Mufakat Nasional (MN) yang dimaterai pada 14 September 2019.

“Diingatkan Piagam Muafakat Nasional dilahirkan untuk menyatu-padukan umat Islam dalam negara, sekaligus berusaha mengalahkan Pakatan Harapan yang dipimpin PKR, DAP dan Amanah,” katanya.

Seandainya peralihan ini benar, ujar dia, bisa dianggap sebagai suatu gerakan yang bertujuan menjatuhkan pemerintah Perikatan Nasional yang dibangun oleh permufakatan BN, Bersatu, PAS, GPS dan beberapa partai lain yang menjatuhkan pemerintahan PH.

“Sehubungan itu PAS berharap untuk mendapat penjelasan yang sejelas-jelasnya daripada UMNO atas dasar rekan muafakat dalam MN, seterusnya mengajak UMNO untuk kembali menghayati hasrat dan tekad yang telah disepakati secara bersama,” katanya.

Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) dan pemimpin partai oposisi, Datuk Seri Anwar Ibrahim, mengumumkan dirinya sudah mendapatkan dukungan penuh dari anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan. Anggota Parlemen Port Dickson tersebut mengemukakan hal itu dalam jumpa pers di Hotel Le Meridien, Kuala Lumpur, Rabu.

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook