Hubungi kami di

Industri

SPARTA Smart Solution | Masa Depan Pelayanan Air Modern

iqbal fadillah

Terbit

|

Teknologi SPARTA Smart Solution ATB saat dipamerkan dalam Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum (IWWEF) tahun 2019. Poto : @Ist.

INDUSTRI air bersih di Indonesia sedang berjuang meningkatkan kualitas layanan melalui implementasi teknologi informasi. Di tengah perjuangan itu, PT Adhya Tirta Batam (ATB) menghadirkan SPARTA Smart Solution, teknologi buatan anak negeri yang dapat menjadi solusi.

“SPARTA Smart Solution adalah jawaban atas kebutuhan pengelolaan air bersih yang efektif dan efisien. Teknologi ini adalah satu-satunya di Indonesia dan telah mendapat Paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, Rabu (5/5).

Sebagai perusahaan air bersih pertama di Indonesia yang menerapkan Smart Water Management System, ATB telah menerapkan sistem berbasis teknologi informasi yang mapan dan teruji.

SPARTA Smart Solution adalah teknologi terintegrasi yang telah terbukti mampu membantu untuk mengoptimalkan layanan air dengan tingkat efisiensi yang tinggi dan tingkat kebocoran air yang rendah.

Uniknya, teknologi canggih ini dibangun oleh ATB secara mandiri, tanpa menggunakan sumber daya luar perusahaan. Dibangun oleh anak negeri, teknologi ini akan menjadi sebuah sistem yang menjawab kebutuhan perusahaan air di seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

SPARTA Smart Solution memiliki kemampuan yang unggul dalam melakukan Big Data Analytic dari seluruh komponen operasi yang terintgrasi. Sehingga dapat memberikan insight bagi manajemen dalam mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan tepat.

BACA JUGA :  Tahun 2030 Industri Otomotif Indonesia Jadi Pemain Global

“Inilah terobosan untuk masa depan pelayanan air bersih di Indonesia yang modern,” papar Maria.

SPARTA Smart Solution telah diakui mampu menjadi platform yang dapat diandalkan. Sistem terintegrasi yang terdiri dari berbagai modul ini dapat mengatasi semua isu utama yang dihadapi oleh perusahaan air di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko berharap, teknologi SPARTA Smart Solution dapat diaplikasikan untuk seluruh perusahaan air minum di Indonesia, guna menggapai target RPJMN pelayanan air di Indonesia dapat sesuai target 100% pada tahun 2030.

“Pengelolaan air yang efisien merupakan sebuah keharusan,” harapnya, baru-baru ini.   

Teknologi SPARTA Smart Solution sendiri telah mendapat respon yang baik di lingkungan PDAM.

Sejumlah PDAM secara khusus berkunjung ke ATB untuk menyaksikan keunggulan teknologi ini. Bahkan, beberapa PDAM telah menyatakan minat untuk mengimplementasikan teknologi ini di perusahaannya. (*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook