Hubungi kami di

SPORT

UEFA Nations League | Italia Kalahkan Belanda di Amsterdam

Mike Wibisono

Terbit

|

Pemain timnas Belanda Frenkie de Jong berebut bola dengan peman timnas Italia Nicolo Zaniolo, © Reuters

TIM nasional Italia akhirnya meraih kemenangan pertama di ajang UEFA Nations League. Gli Azzurri berhasil mengalahkan Timnas Belanda di Johan Cruijff Arena dengan skor 1-0 pada Selasa (8/9) dini hari WIB.

Gol semata wayang Nicolo Barella di menit ke-45+1 menjadi penentu hasil pertandingan.

Kemenangan ini membawa Italia ke posisi puncak klasemen grup A1. Skuat asuhan Roberto Mancini itu kini mengoleksi empat poin. Sementara Belanda harus turun ke nomor dua dengan catatan tiga poin.

Formasi

BELANDA menjamu Italia dengan skema 4-3-3. Trio Georginio Wijnaldum, Memphis Depay, dan Quincy Promes mengisi pos terdepan. Mereka dibantu Marten de Roon, Frenkie de Jong, dan Donny van de Beek dari belakang.

Italia juga memainkan formasi 4-3-3. Trisula Nicolo Zaniolo, Ciro Immobile, dan Lorenzo Insigne jadi ujung serangan. Lalu ada Nicolo Barella, Jorginho, dan Manuel Locatelli yang siap mengirim bola dari lini tengah.

Jalan Pertandingan Belanda vs Italia

ITALIA nyaris kebobolan duluan setelah Giorgio Chiellini melakukan error di menit awal pertandingan. Bek veteran itu mengirim operan buruk ke arah kiper Gianluigi Donnarumma.

Namun, Depay gagal memaksimalkan kejadian itu dan hanya berhasil memenangi tendangan sudut untuk timnya.

Setelah itu, Italia mengambil inisiatif penyerangan dan lebih sering menguasai bola. Leonardo Spinazzola dan Insigne jadi motor serangan Gli Azzurri.

Tetapi, Belanda bukannya tanpa taji. Wijnaldum nyaris membawa tim tuan rumah unggul setelah melewati Leonardo Bonucci dan Chiellini. Sayang usaha gelandang Liverpool itu bisa dikandaskan Donnarumma.

Kebuntuan baru pecah menjelang akhir babak pertama. Adalah Barella yang berhasil membawa Italia unggul di menit ke-45+1.

Gol tercipta berkat aksi kerja sama antara Insigne dan Immobile yang berujung pada sundulan Barella. Dengan gol itu, babak pertama ditutup dengan skor 0-1.

Babak Kedua

DARI ruang ganti, Belanda belum banyak bisa beraksi. Melihat itu, Dwight Loedeweges akhirnya melakukan perubahan. Ia menarik keluar Van de Beek dan menurunkan Steven Bergwijn.

Namun, Belanda masih belum mampu mengejar Italia. Alih-alih mengejar, gawang mereka malah nyaris kebobolan lewat aksi Moise Kean yang masuk sebagai pemain pengganti.

Menjelang akhir babak kedua, De Roon menciptakan kesempatan emas mencetak gol penyeimbang. Namun, tendangan overhead Depay yang menyambut bola kiriman De Roon masih melebar.

Tak lama berselang giliran Italia mendapat kesempatan menambah keunggulan lewat Kean. Sayangnya, usaha pemain Everton itu masih nihil. Akibatnya, skor 0-1 bertahan sampai pertandingan berakhir.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook