Hubungi kami di

Tanjung Pinang

Wali Kota Tanjungpinang: Kemasan Produk IKM Harus Menarik dan Berkualitas

Terbit

|

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, membuka pelatihan promosi ekspor IKM, di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Senin (21/11/2022). F. Dinas Kominfo Tanjungpinang

PEMERINTAH Kota (Pemko) Tanjungpinang terus mendorong pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) agar menghasil produk yang berorientasi ekspor. Salah satunya memberikan pelatihan promosi ekspor, di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Senin (21/11/2022).

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, menyampaikan pentingnya persaingan produk, baik bentuk kemasan, kualitas produk IKM, hingga target produksi yang mampu diekspor ke negara tetangga.

“Bapak ibu harus mampu bersaing, agar produknya bisa diekspor, tidak hanya kemasan menarik, tapi juga menciptakan produk berkualitas dengan rasa yang enak, supaya menarik pembeli dari luar negeri,” ucapnya.

Pemerintah, lanjut Rahma, orientasinya membantu, melatih, mendorong, dan menguatkan IKM. Segala kebutuhan berupa alat bantu produksi sudah diberikan, begitu juga PIRT, halal, dan BPOM.

“Jadi, saya harapkan pengemasan produk itu tidak boleh asal-asalan. Dan yang utama adalah kualitas yang diberikan dari IKM, ada nilai jualnya, sehingga mampu menembus pasar ekspor,” ujarnya.

BACA JUGA :  Ansar: Proyeksi APBD Perubahan 2022 Kepri Defisit Rp 2 Miliar

“Karena, sebagai pengusaha harus bisa menjemput perubahan dan bisa membuka peluang pekerjaan bagi warga di sekitar lingkungannya,” kata Rahma.

Rahma menambahkan untuk menambah semangat dan motivasi para IKM pada pelatihan ini, mendatangkan narasumber dari eksportir yang telah sukses dalam dunia ekspor. Sebab, Pemko ingin produk IKM kota Tanjungpinang sudah mulai ekspor di tahun depan.

“Tahun depan tingkatkan kualitas produknya agar bisa bersaing dengan pasar dan mampu menembus ekspor. Hari ini, harus yakin dan semangat untuk terus maju serta sukses. Perbaiki manajemen pembukuannya agar terukur produksi dari masing-masing IKM,” tuturnya.

BACA JUGA :  Lagi Bercinta Bersama PSK, Pria Ini Tewas Karena Serangan Jantung

Ia juga berharap, seluruh pelaku usaha IKM Kota Tanjungpinang bisa berhasil seperti daerah-daerah lain.

“Jadi, ada ikon dari Kota Tanjungpinang yang kita gaungkan. Saya apresiasi seluruh IKM, mudah-mudahan semua sukses. Banyaklah belajar supaya kita ikut maju bersama membangun IKM di kota yang kita cintai ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, pelatihan promosi ekspor IKM, diikuti sebanyak 30 orang yang merupakan anggota IKM makanan ringan Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Peserta, akan mengikuti pelatihan selama empat hari, mulai Senin (21/11) hingga Kamis (24/11) di Hotel Bintan Plaza.

Selama pelatihan, peserta akan dilatih membuat konten kreatif untuk digital marketing, mempelajari e-commerce, sistem global digital komoditi, pengawasan barang ekspor, hingga indentifikasi negara tujuan ekspor dan standar mutu komoditi.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid