Hubungi kami di

Pendidikan

Wujudkan Kampus Bebas Korupsi, UMRAH Tanjungpinang Tetapkan Zona Integritas di Dua Fakultas

Terbit

|

Rektor UMRAH, Prof Agung Dhamar Syakti. F. Dok. Tanaikarimun.com

REKTOR Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Prof Agung Dhamar Syakti, mengatakan untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi, Kampus UMRAH Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) menetapkan Zona Integritas di dua fakultas, yakni Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi (FE).

Menurut Agung penerapan berbagai program menuju Zona Integritas di FKIP dan FE ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Agung mengatakan program Zona Integritas pada dua fakultas itu secara rutin dievaluasi. Jika berjalan optimal, Zona Integritas juga dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, dan Fakultas Perikanan dan Kelautan.

BACA JUGA :  Kemenkes Larang Jual Obat Sirop, Polisi Mulai Razia Apotek dan Toko Obat di Kepri

“Program dalam Zona Integritas merupakan penerapan nilai-nilai akademik, nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai kebaikan. Kampus harus bersih dari KKN,” ujarnya di Tanjungpinang, Minggu (4/12/2022).

Menurut dia, Zona Integritas merupakan sebutan atau predikat yang diberikan lembaga pemerintahan yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat atau komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Proses pembangunan Zona Integritas, kata dia, melalui beberapa tahapan yaitu pencanangan, pembangunan, pengusulan, penilaian, dan penetapan.

Tahapan yang paling penting dalam zona integritas adalah membangun integritas pada unit instansi pemerintah melalui berbagai perubahan dan perbaikan yang terencana, massif, komprehensif, dan sistematis.

BACA JUGA :  Tingkat Pengangguran Terbuka di Kepri Turun, Gubernur: Ini Tren Positif

Strategi membangun integritas menyangkut sistem, membangun manusia, dan membangun budaya. Membangun sistwm terkait berbagai instrumen, standar operasional, dan peraturan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi atau perbuatan tercela lainnya.

“Zona Integritas terkait komitmen untuk membangun kampus bersih sesuai ketentuan yang berlaku. Tidak menjadikan alasan kultur dan humanis untuk melanggar ketentuan,” ucapnya.

Tantangan lainnya dalam melaksanakan program Zona Integritas yakni niat dan perbuatan jahat dari dalam diri sendiri. “Ini yang harus dibersihkan,” tegasnya.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid