Hubungi kami di

Histori

Yang Dilakukan Sebelum Kenal Internet

Zilfia Sarah

Terbit

|

Ilustrasi

INTERNET Ditemukan pada tahun 1989. Artinya genap 30 tahun sekarang, sebagian dari kita mungkin tidak menduga jika internet akan menjadi begitu besar.

Bukan saja dari segi perkembangan, pengaruhnya terhadap kehidupan manusia pun semakin tak terbentung saja dari hari ke harinya.

Kini, bukan saja sekedar mencari informasi, internet juga digunakan digunakan manusia untuk banyak hal lain, mulai dari memesan transportasi serta makanan secara online, membeli tiket, terkoneksi dengan manusia lainnya dan sebagainya.

Tentu saja, disamping bekerja. Singkat kata, ini menjadi bagian dari gaya hidup kita, mengubah perilaku kita, bagaimana kita berkomunikasi, bagaimana kita mendapatkan informasi dan sebagainya. Pokoknya, kesana internet, kesini internet, dimana-mana internet.

Nah, kebayang nggak sih, apa jadinya jika internet tidak ada, apalagi tidak pernah ditemukan? Hampa? Sepi? Bikin depresi? Well…. beberapa kegiatan berikut mungkin bisa menjadi gambaran terkait bagaimana hidup manusia sebelum ada internet.

1. Melamun dan berimajinasi

Woman lounging in underwear

Saat bosan dan tidak tahu harus melakukan apa, orang jaman dulu lebih suka melamun dan berimajinasi tentang masa depannya. Bukannya membuka Facebook atau Instagram dan mulai berpikir nggak jelas. Si A kok begini, si B kok begitu, dan sebagainya. Boleh dibilang, jauh dari gibah alias ngomongin orang, apalagi hoax.

2. Menulis surat

Kantor pos masih menjadi tempat yang ramai didatangi orang kala itu. Sementara surat menjadi media tercanggih untuk sekedar tahu kabar seseorang.

3. Baca koran

Media cetak, utamanya koran mungkin seperti menjadi sesuatu yang mulai ditinggalkan belakangan ini, paling tidak oleh sebagian orang, namun tidak demikian dengan jaman dulu. Bukan cuma berita terkini, koran-koran lokal dan nasional kala itu bahkan memberi tahu kita jadwal televisi mingguan hingga jam tayang film. Ada yang ingat?

4. Nonton TV

Hal lainnya lagi yang dilakukan orang-orang sebelum ada internet, terutama saat bosan adalah menonton TV. TV kabel memang sudah ada, tapi ini biasanya hanya diperuntukkan bagi mereka yang berduit. Orang biasa-biasa saja ya nonton TV jaringan. Apapun itu, intinya satu, nonton TV.

BACA JUGA :  Jejak Hidup Masa Silam Ulu Lai

5. Nulis Diary

Andai saja Atta Halilintar dan Ria Ricis hidup di masa lalu, tepatnya di masa-masa ketika internet belum ada, buku Diary mungkin akan menjadi tempat bagi mereka untuk menumpahkan segala ide di kepala. Hingga puluhan tahun kemudian, cicitnya menjadikan itu sebagai sebuah konten YouTube.

6. Nyimpan Yellow Pages

Masih ingat dengan buku super tebal berwarna kuning dengan barisan nomor telepon di dalamnya? Jika ya, welcome to the club, we’re old! Tapi, nyatanya inilah yang menjadi senjata orang-orang jaman dulu ketika ingin mendapatkan nomor telepon, mulai dari nomor tetangga di ujung jalan hingga pemadam kebaaran.

7. Ngobrol di meja makan

Sebelum internet ada, khususnya internet di perangkat selular seperti ponsel, tablet dan sebagainya, orang-orang duduk dan makan bersama sambil ngobrol. Bukannya sibuk motret makanan, chatting, dan sebagainya.

8. Bertanya pada orang

Ingat pepatah, malu bertanya sesat di jalan? Nah, inilah yang dilakukan orang sebelum internet ada, sekali lagi, khususnya di ponsel. Mereka akan bertanya kepada siapapun orang terdekat yang ditemuinya, untuk membantu sekedar menunjukkan jalan atau semacamnya.

9. Bikin mixtape

Membuat mixtape bukan cuma jadi kegiatan para musisi. Lebih dari itu, kenyataan bahwa mendengarkan musik adalah hal yang tidak mudah, mau tak mau membuat orang harus sedikit kreatif. Bagaimana caranya? Membuat sendiri rekaman dari semua musik paling hits. Hmmm… ada yang pernah?

10. Main taplak gunung

Ketimbang disibukkan oleh game mobile, anak-anak jaman dulu lebih suka bermain di luar dan berinteraksi dengan banyak teman. Ngapain? Ya main juga. Mulai dari main petak umpet, taplak gunung, gobak sodor, dan lainnya.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook