Hubungi kami di

Politika

Anggaran Pemilu 2024 Disepakati Rp76 Triliun

Sebelumnya, pemerintah dan DPR mengajukan keberatan atas anggaran Pemilu 2024 yang diajukan KPU. Awalnya, KPU mengajukan anggaran Rp86 triliun.

Terbit

|

Anggota Komisi II DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsayuda. F. Dok. dpr.go.id/Arief/nvl

ANGGARAN untuk pelaksanaan pemilihan umum ( Pemilu) 2024 disepakati sebesar Rp 76 triliun. Kesepakatan tersebut dibuat dalam rapat konsinyering pada Jumat (13/5/2022) oleh Komisi II DPR, pemerintah, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Soal anggaran pemilu tahun 2024 yang Insya Allah dapat dipersetujui sebesar Rp 76 triliun,” kata Anggota Komisi II DPR, Rifqi Karsayuda, melalui rekaman suara, Sabtu (14/5/2022).

Rifqi mengatakan anggaran itu dialokasikan dalam anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN) 2022-2024. Anggaran akan dicairkan secara bertahap.

BACA JUGA :  PKB Minta Jokowi Umumkan Pemilu Tetap 14 Februari 2024 | Setelah Wacana Penundaan Ditentang

Meski demikian, Rifqi mengingatkan keputusan itu masih bersifat informal. Keputusan resmi akan diambil pada rapat dengar pendapat (RDP).

“Nanti keputusan resminya akan diambil melalui rapat dengar pendapat. Konsinyering lebih kepada mekanisme secara semiformal dilakukan agar semua pihak yang selama ini mengalami kebuntuan bisa menemukan titik temu,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah dan DPR mengajukan keberatan atas anggaran Pemilu 2024 yang diajukan KPU. Awalnya, KPU mengajukan anggaran Rp86 triliun.

BACA JUGA :  KPU Kepri: Ribuan Anggota Parpol Tidak Miliki KTP Natuna

KPU sempat memangkas sejumlah mata anggaran. KPU pun mengajukan permohonan anggaran senilai Rp 76 triliun.

Permohonan itu digantung seiring wacana penundaan pemilu. Pembahasan anggaran kembali bergulir usai Presiden Joko Widodo memerintahkan anak buahnya memfasilitasi KPU dalam persiapan Pemilu 2024.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid