Hubungi kami di

Khas

Batam Tempat Nyaman Untuk Investor Berinvestasi

iqbal fadillah

Terbit

|

Ketersediaan Kawasan Industri yang representatif memberikan kenyamanan bagi investor saat berinvestasi di Batam. Poto :@bpbatam.go.id

INVESTASI dan investor tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling berkaitan satu sama lain. Tidak ada kegiatan investasi tanpa adanya investor. Seperti halnya investor Batam.

Dalam aktivitas investasi, investor merupakan pondasi utama. Para investor mencurahkan secara maksimal sumber daya yang dimilikinya. Mereka juga selalu mencari peluang-peluang baru yang dapat digunakan untuk menyalurkan modalnya.

Pada dasarnya investor bisa berupa perorangan atau juga perusahaan. Investor biasanya memberikan suntikan modal bagi investasi yang diminatinya. Banyak jenis pilihan dalam berinvestasi.

Mulai dari emas, saham, obligasi, reksadana, bahkan juga untuk industri seperti yang dilakukan para investor Batam.

Investor yang sudah memberikan modalnya tentu juga mengharapkan pengembalian keuntungan. Apabila investor menanamkan modalnya, maka mereka tentunya juga sudah memperhitungkan jangka waktu serta risiko. Dengan tujuan untuk mendapatkan pengembalian keuntungan yang diharapkan.

Dalam perkembangannya, jenis investor pun bertambah. Dalam dunia penanaman modal dikenal adanya istilah PMA dan PMDN, seperti yang ditemui pada investor Batam.

Mengacu kepada UU No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal ada 2 status permodalan; (i) Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah Negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal dalam negeri dengan menggunakan modal dalam negeri.

(ii) Penanaman Modal Asing (PMA) adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah Negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing baik yang menggunakan modal asing sepenuhnya, maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri.

Grafis Perkembangan Invetasi di Batam. Poto :@bpbatam.go.id

Geliat Investor Batam

Pada tahun 2019, Bank Indonesia menyebutkan bahwa Batam merupakan daerah di Indonesia dengan pertumbuhan paling pesat. Salah satu indikatornya adalah kenaikan harga properti, khususnya perumahan yang meningkat.

Walaupun mengalami kenaikan, hal ini justru membuat para investor berdatangan. Mereka memilih untuk tinggal di Batam karena harga propertinya yang relatif lebih murah dibandingkan Singapura.

BACA JUGA :  Valentine, Perayaan, Moralitas

Faktor kenyamanan dan harga yang bersaing inilah yang membuat Batam sangat diminati. Sehingga saat masih terjadi badai pandemi korona, Batam masih bisa menggeliat.

Berdasarkan data yang dirilis oleh BKPM RI, perkembangan penanaman modal menunjukkan tren yang menguat. Meski sempat mengalami penurunan di Triwulan II akibat pandemi Covid-19.

Jumlah investasi tercatat mengalami peningkatan di akhir tahun, yaitu dari USD 118 juta pada Triwulan II menjadi USD 270 juta pada Triwulan III 2020.

Sektor Industri mesin dan elektronik masih menjadi penyumbang utama pada realisasi investasi tahun ini, dengan total sekitar 223 proyek dengan nilai investasi sebesar USD259 juta.

Kemudian disusul oleh sektor industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain. Yang menempati urutan kedua. Sedangkan urutan ketiga adalah sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran.

Peran dan fungsi investor dalam dunia perekonomian sangatlah penting. Keberadaan investor merupakan mesin penggerak utama dalam dunia industri di Batam.

Keberadaan mereka haruslah diberikan dukungan yang terbaik dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu faktor kenyamanan yang dapat dilihat secara kasat mata adalah properti.

Dengan adanya kemudahan dalam memiliki properti (perumahan), para investor semakin berminat untuk menanamkan modalnya. Ini tentunya tidak berlebihan, di mana saat terjadi korona.

Kota Batam masih mampu tegak berdiri bahkan meraup keuntungan dari berbagai industri yang ada. Sehingga prestasi yang sudah baik ini tentunya perlu lebih ditingkatkan ke depannya.

Tujuannya adalah membuat para investor semakin yakin dalam menanamkan modalnya. Sudah siapkah Anda menyandang predikat investor di Batam? Segeralah berinvestasi! (*)

Sumber : bpbatam.go.id

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook