Hubungi kami di

Budaya

Besok, Kenduri Seni Melayu Digelar di Harbour Bay

Terbit

|

Pagelaran KSM beberapa tahun lalu. F dok Disbudpar Batam

IVEN tahunan Kota Batam, yakni Kenduri Seni Melayu (KSM) akan digelar di Kawasan Harbour Bay, Batuampar, 21-23 Juli 2022. KSM sudah menjadi agenda pariwisata tahunan Batam sejak 1999.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata mengatakan KSM dibuka pada Kamis malam (21/7) pukul 19.30 WIB. Pembukaan KSM akan menampilkan lagu bergenre gazal berjudul “Bulang Mufakat”.

“Lagu Bulang Mufakat garapan hasil dari kegiatan Lomba Cipta Lagu Melayu Tahun 2022,” katanya, Rabu (20/7/2022).

Kegiatan KSM 2022 ini juga bersempena dengan Bazar Malay Night Fest yang digelar oleh salah satu event organizer Batam, T Projek. Ada ratusan tenant kuliner terbaik yang bergabung selama bazar yang berlangsung hingga 24 Juli 2022.

“Selain bazar ada talkshow dan produk-produk millenial tahun ini,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bandara Hang Nadim Jadi Kampung Tangguh ke 12 di Batam

Selain itu, KSM juga akan menampilkan koleksi Museum Batam Raja Ali Haji. Koleksi tersebut yakni keris, sepeda, mesin jahit, peti bon, tempayan dan batu bata Batam.

Pada hari kedua, pagelaran KSM dimulai mulai pukul 16.30 WIB. Ada penampilan joget dangkong atau lambak, salah satu tari tradisional Kepulauan Riau yang terkenal.

“Malamnya kegiatan dilanjutkan dengan penampilan dari Seri Irwarna Tari Dance Studio Johor dan Kris Karmila merupakan penyanyi dan penulis dari Brunei Darussalam,” ujarnya.

Pada malam penutup ada penampilan dari Kolec Komuniti Malaka. “KSM tahun 2022 akan berbeda dari tahun sebelumnya, dua negara serumpun Melayu yakni Johor, Malaysia dan Brunei Darussalam ikut berpartisipasi,” katanya.

Tak ketinggalan penggiat seni dalam negeri akan berpartisipasi, diantaranya dari Kota Pekanbaru, Kota Tanjungpinang, Kota Dumai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Bengkalis. KSM juga bertepatan dengan acara Rakornas BKN yang diselenggarakan di Batam Marriott Hotel Harbour Bay.

BACA JUGA :  RAPAT PARIPURNA DPRD BATAM | "Pembahasan Ranperda Tentang Perubahan Perda Penyertaan Modal Daerah"

“Rakornas bakal dihadiri seluruh BKN seluruh Indonesia. KSM menjadi hiburan tambahan bagi peserta rakornas sekaligus bisa mengenal kebudayaan Melayu,” terangnya.

Sebagai informasi, KSM masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). KEN merupakan wadah perkumpulan event Indonesia dan strategi Kemenparekraf berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan destinasi, meningkatkan kunjungan wisatawan, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi dan budaya.

“KSM akan disuguhkan secara spektakuler mengangkat budaya Melayu,” ucapnya (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid