Hubungi kami di

Tanjung Pinang

Bobby Jayanto: Bazar Imlek Bangkitkan Ekonomi dan Pariwisata di Tanjungpinang

Terbit

|

Suasana Bazar Imlek di kawasan Jalan Merdeka, Kota Lama, Tanjungpinang. F. Tangkapan layar

KETUA Dewan Kehormatan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Bobby Jayanto, menyebutkan Bazar Imlek mampu membangkitkan perekonomian dan pariwisata di kawasan Jalan Merdeka, Kota Lama, Tanjungpinang.

Menurut dia, di Bazar Imlek ini lebih 300 pedagang yang berjualan. “Yang jualan bukan hanya orang (keturunan, red) Tionghoa, melainkan juga pedagang dari suku lainnya. Mereka berjualan di 300 lapak yang disiapkan panitia bazar,” ujarnya di Tanjungpinang, dikutip dari Antara, Sabtu (7/1/2023).

Bobby yang juga Ketua Komisi I DPRD Kepri itu, mengemukakan Bazar Imlek di kawasan Kota Lama dibuka sejak 20 Desember 2022 hingga 21 Januari 2023 atau sehari sebelum perayaan Imlek.

BACA JUGA :  Polda Kepri Kerahkan 1.561 Personel untuk Pengamanan Lebaran

“Jadi Bazar Imlek ini dibuka selama sebulan. Setiap hari, tempat itu ramai warga Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan Kota Batam untuk berbelanja di Bazar Imlek,” ujarnya.

Selain itu, ratusan wisatawan asal Singapura dan Malaysia juga berbelanja di Bazar Imlek. Mereka tertarik dengan pernak-pernik Imlek yang tersedia di bazar.

“Ini awal bangkitnya perekonomian di Kota Lama setelah terpuruk dihantam pandemi Covid-19,” ucapnya.

Selama dua tahun masyarakat yang tinggal di ibu kota Provinsi Kepri terkurung akibat kebijakan pembatasan sosial, kemudian pertengahan tahun 2022 aktivitas masyarakat mulai berjalan meski belum normal.

Mantan Ketua DPRD Tanjungpinang itu, memberi apresiasi kepada pemerintah karena mencabut kebijakan pembatasan sosial dan membuka kembali akses masyarakat ke berbagai daerah.

BACA JUGA :  631 Keluarga Pra Sejahtera di Kepri Kini Bisa Nikmati Listrik dari PLN

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang memberi kemudahan kepada masyarakat untuk membuka Bazar Imlek. Kami akan membangun Bazar Imlek lebih menarik lagi agar ramai dikunjungi warga lokal dan wisman,” katanya.

Seorang pengunjung Bazar Imlek di Kawasan Kota Lama, Leni, mengatakan Bazar Imlek pada tahun ini jauh lebih meriah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sebelum pandemi.

“Lebih beragam, lebih unik, lebih menarik dan meriah. Kami setiap hari berkunjung ke Bazar Imlek dan berbelanja kebutuhan sehari-hari,” ucap warga Batu 9 itu.

(*/pir)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook