Hubungi kami di

Ini Batam

Budi Mardianto Nilai Batam Belum Siap Dengan Karantina Wilayah

Terbit

|

Ketua Komisi I DPRD Batam, Budi Mardianto. Photo : GoWest Indonesia

RENCANA Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk melakukan kebijakan karantina wilayah mendapat respon dari Ketua Komisi I DPRD Kota Batam, Budi Mardianto. Ia menilai Kota Batam belum siap jika karantina wilayah ini diberlakukan.

Kebijakan karantina wilayah, kata Budi menuntut keseriusan dari pemerintah untuk menjamin kondisi masyarakatnya, utamanya aspek kebutuhan ekonomi masyarakat.

“Kebijakan karantina wilayah, saya tidak setuju. Konsekuensinya tidak mudah, butuh persiapan serius dari pemerintah dan kesiapan masyarakatnya sendiri. Saat ini pemerintah belum siap, ini baru sembako saja yang mereka pikirkan, itu juga untuk masyarakat tidak mampu saja, padahal karantina wilayah itu semua masyarakat juga butuh karena mereka tidak bisa keluar,” kata Budi saat ditemui di ruang kerjannya pada Jumat (3/4) siang.

BACA JUGA :  Simulasi Pilkada 2020 Dengan Protokol Kesehatan

Jika tetap dipaksakan, Budi khawatir akan terjadi masalah yang lebih besar dibanding Covid-19 itu sendiri. Untuk itu, ia meminta agar Pemko Batam tetap fokus pada cara kerja yang diarahkan pemerintah pusat melalui pengetatan pengawasan pada pelaksanaan social distancing, phisical distancing, dan dorongan untuk meningkatkan kebiasaan cuci tangan dan pola hidup sehat lainnya.

Jika arahan dari pusat ini bisa berjalan maksimal, maka dengan sendirinya masyarakat secara perlahan akan terjaga kesehatannya. Tinggal bagaimana meningkatkan pelayanan pada pasien yang masuk dalam kategori ODP, PDP, dan positif Covid-19.

Sejauh ini, ketersediaan fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 di Batam dinilai perlu ditingkatkan lagi. Termasuk jaminan ketersediaan APD untuk tenaga yang ikut menyumbang peningkatan pelayanan kepada pasien.

BACA JUGA :  Kunjungi Batam, Sandiaga Usul Batam Terapkan Boarder Tourism

“Kalau saya, bagaimana pemerintah menerapkan sosial distancing dan phisical distancing secara konsisten. Berlakukan kebijakan itu secara sistematis, lengkapi sarana dan prasarana pemeriksaan, layanan kesehatan, dan sebagainya. Perbanyak ruang isolasi dan tingkatkan kualitas fasilitasnya,” kata Budi lagi.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi selaku Katua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kota Batam, telah menyampaikan ke publik untuk mengambil kebijakan karantina wilayah. Dimana dalam di dalamnya masyarakat didorong untuk tidak berkegiatan di luar rumah selain mereka yang bekerja. Selama kegiatan itu berlangsung, pemerintah akan mendukung dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat miskin yang terdata oleh tim di lapangan.

*(Bob/GoWestId)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid