Hubungi kami di

Hidup Sehat

Capek Membuat Kita Ngiler Saat Tidur?

Terbit

|

Ilustrasi : © mashable

Katanya, ngiler saat tidur terjadi karena tubuh kelelahan. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa hal umum yang biasanya jadi penyebab ngiler saat tidur.

Seperti alergi, radang amandel, atau infeksi sinus. Lantas, apakah benar lelah itu penyebab ngiler saat tidur? Apakah ngiler saat tidur hanya terjadi ketika kamu capek saja?

Ngiler saat tidur itu wajar

Sebenarnya, ngiler saat tidur adalah hal yang sangat normal. Pasalnya, mulut akan terus memproduksi air liur atau saliva, bahkan saat kita tertidur.

Nah, penyebab ngiler saat tidur biasanya karena mulut yang terbuka ketika itu. 

Saat tidur, otot-otot tubuh rileks, apalagi jika memasuki tahap REM. Otot area mulut pun juga sama, sehingga mungkin saja kamu tertidur dalam posisi mulut yang terbuka. 

Mulut terbuka saat tidur juga biasanya disebabkan karena tubuh ingin mendapatkan lebih banyak oksigen, sehingga dengan otomatis kamu bernapas dari mulut.  

BACA JUGA :  Ansar - Marlin Makin Jauh Tinggalkan Rival

Air liur yang terus-terusan diproduksi tersebut tidak bisa tertelan semua karena kamu tertidur. Akhirnya, air liur tertumpuk di mulut dan malah keluar, alias kamu mengiler.

Jadi apakah lelah penyebab ngiler saat tidur?

Sebenarnya, kelelahan tidak bisa dibilang jadi penyebab langsung ngiler saat tidur. Lagi-lagi, ngiler saat tidur adalah hal yang umum terjadi, bahkan pada kamu yang tidak kelelahan sekali pun.

Namun, orang yang kelelahan lebih sering mengalami hal ini.

Pasalnya, kelelahan bisa menandakan bahwa kamu sedang stres, depresi, atau bahkan akibat kekurangan tidur selama ini.

Nyatanya, berbagai kondisi tersebut yang memicu ngiler saat tidur.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa jika kelelahan bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut dengan teror tidur. Nah, salah satu gejala teror tidur adalah ngiler saat tidur. 

Cara mengobati ngiler akibat kelelahan

Ngiler adalah hal yang sangat wajar terjadi ketika kita tidur. Oleh karena itu, jika jarang sekali terjadi, tidak diperlukan pengobatan dalam bentuk apa pun.

BACA JUGA :  NASA akan Terbangkan Helikopter di Mars

Ngiler tidak akan membuat kita dehidrasi, infeksi, ataupun masalah kesehatan lainnya.

Akan tetapi, jika kamu mengalami hidung tersumbat, alangkah baiknya untuk mulai berkonsultasi dengan dokter.

Kemungkinan besar penyebab ngiler saat tidur yang harus diwaspadai adalah infeksi sinus.

Jika situasi ini sering terjadi ketika kamu tidur, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Setelah kamu mengetahui apakah benar kelelahan menyebabkan ngiler ketika tidur dan cara mengatasinya, mungkin kamu bisa mulai mengelola rasa lelah di dalam tubuh kamu.

Mulai dari mengatur jam tidur hingga mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Walaupun sebenarnya situasi ini tidak dikatakan berbahaya, lebih baik untuk menyingkirkan hal yang mengganggu kamu ketika terbangun di pagi hari.

Sumber : helosehat

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook