Hubungi kami di

Tanah Air

Demo Ricuh, Puluhan Orang Peserta Aksi Ditangkap

Terbit

|

Peserta aksi unjuk rasa 11 April diamankan polisi. F. Dok. CNN Indonesia.com/AFP/Adek Berry

UNJUK rasa di sejumlah daerah yang menurut menolak penudaan Pemilu 2024 dan perpanjangan jabatan presiden 3 periode, berakhir ricuh, Senin (11/4/2022). Puluhan orang pun diamankan pihak kepolisian.

Di Jakarta, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan pihaknya mengamankan setidak 80 orang dari aksi demonstrasi hari ini, Senin (11/4). Namun menurut Irjen Fadil, pihaknya akan memulangkan puluhan orang yang diamankan tersebut

“Ada 80 orang di Monas. Malam ini kami pulangkan,” kata Fadil kepada wartawan, Senin malam.

Fadil mengatakan, situasi di Ibu Kota kondusif pada aksi hari ini. Namun, sekitar pukul 15.00 WIB, polisi yang berjaga di Gedung DPR harus menembakkan gas air mata karena adanya pemukulan terhadap Ketua Pergerakan Indonesia untuk Semua (PIS) Ade Armando.

BACA JUGA :  Silatnas, KIB Ungkap Kriteria Capres di Pemilu 2024

“Yang bersangkutan dipukul, diinjak terluka di kepala, sehingga kami melakukan tindakan-tindakan terukur untuk menyelamatkan nyawa yang bersangkutan,” kata Fadil.

Lebih lanjut, Mantan Kapolda Jawa Timur ini mengatakan sekitar pukul 17.00 WIB, situasi di depan DPR sudah kembali kondusif. Lalu lintas pun kembali dibuka.

BACA JUGA :  Surati Luhut, ICW Minta Big Data soal Penundaan Pemilu 2024 Segera Dibuka

“(Demo) Depan Istana, Patung Kuda berjalan sangat kondusif, tidak ada insiden berarti,” kata Fadil.

Seperti diketahui, aksi demonstrasi mahasiswa yang menolak perpanjangan masa jabatan presiden menjadi 3 periode di berbagai daerah berujung pada kericuhan. Kericuhan terjadi saat mahasiswa menggelar aksi di depan Gedung MPR/DPR Senayan Jakarta.

Tak hanya itu, kericuhan juga terjadi pada demonstrasi mahasiswa di Jalan AP Pettarani jembatan fly over, Makassar, Sulawesi Selatan, di Kota Padang Sumbar hingga Kendari Sulawesi Tenggara.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid