Hubungi kami di

Ini Batam

Desainer Muda Batam Semarakkan Malam Puncak BBFW 2020

iqbal fadillah

Terbit

|

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekransada) Batam, Marlin Agustina Rudi memberikan sambutan dalam pembukaan Expo BBFW 2020, Rabu (9/09). Photo : Ist.@DisparbudBatam

MALAM Puncak Batam Batik Fashion Week (BBFW) kembali digelar . Untuk tahun 2020, ajang tahunan yang merupakan kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam ini akan dilangsungkan pada Sabtu (12/09) akhir pekan nanti.

Sejalan dengan itu, sejak tanggal 9 sampai 13 September digelar Expo Batik Batam dan Bazar Kuliner. Event tahunan yang telah dimulai sejak 2018 ini akan menghadirkan karya emas dari 8 desainer Kota Batam.

Diantaranya Debby, pemilik Batik 37 yang bakal menampilkan kain Batik Batam bermotif ikan marlin, gonggong, dan sirih junjung.

Menurutnya terselenggaranya acara spektakuler ini memberikan apresiasi luar biasa bagi perancang busana batik di Kota Batam karena bisa menampilkan karyanya.

“Luar biasa bisa bergabung, Batik 37 bakal menampilkan yang terbaik di acara BBFW tahun 2020,” katanya, Rabu (9/09).

Desainer Batam lainnya, Rahma Eka Permatasari antusias mengikuti BBFW tahun 2020. Ia mengaku akan menampilkan karya terbaik untuk BBFW tahun 2020.

“Antusias mengikuti kegiatan BBFW 2020, sebetulnya sudah melirik BBFW sejak tahun 2018 dan 2019 namun masih kuliah dan tahun 2020 ini bisa ikut bergabung,” ucapnya.

Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata (Kabid. PPW) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ratna Sari mengatakan kegiatan BBFW ini merupakan gagasan dari Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi.

Menurut Ratna, ide dan gagasan Ketua Dekranasda Batam ini, bertujuan untuk memperkenalkan Batik Batam kepada masyarakat dan wisatawan baik domestik dan mancanegara serta meningkatkan kreativitas pengrajin dan perancang busana di Kota Batam.

“Melalui kegiatan Batam Batik Fashion Week diharapkan bisa menjadi salah satu ajang mempromosikan batik Batam kepada masyarakat lokal maupun mancanegara serta mengangkat karya-karya terbaik perancang batik Batam binaan Dekranasda Batam” jelas Ratna.

Berdasarkan catatan, event BBFW ini untuk pertama kalinya digelar pada tahun 2018. Event digelar dengan melakukan roadshow ke pusat perbelanjaan di Kota Batam.

Kemudian dilanjutkan tahun 2019 dengan melakukan roadshow di tiga kabupaten dan kota se Provinsi Kepri, yakni Karimun, Bintan dan Tanjung Pidang.

Tahun 2020 ini BBFW kembali dilaksanakan di Dataran Engku Hamidah, Batam Centre. Lokasi ini dipilih karena merupakan lokasi wisata baru di Kota Batam.

Sementara itu Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengatakan tema BBFW tahun 2020 adalah “Inspiring Millenial.”

Menurut Ardi, tema ini sengaja diangkat dengan tujuan untuk mengenalkan batik Batam pada generasi muda Kota Batam.

“Supaya Batik Batam dikenal dan diminati oleh generasi muda, disamping itu agar mereka cinta budaya yang diwariskan oleh leluhur bangsa,” tegasnya.

Mantan Kabag Humas Pemko Batam ini menambahkan, Malam Puncak BBFW yang digelar dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini, pada pelaksanaannya nanti akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Kepada tamu undangan dan pendukung acara, seperti wajib memakai masker, pengukuran suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer dan cuci tangan dengan air mengalir serta mengatur jarak tempat duduk” tambah Ardi.

Sebelum berlangsung Malam Puncak BBFW, rabu (9/9) sore telah dibuka Expo BBFW oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bertempat di Dataran Engku Hamidah, Rabu (9/09).

“Terdapat 20 tenan batik Batam, dan 70 tenan kuliner ikut memeriahkan Expo BBFW yang berlangsung mulai pukul 15.00-21.30 dari tanggal 9-13 September 2020”, pungkasnya.

*(Zhr/GoWestId)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook