Hubungi kami di

Ini Batam

Diresmikan, UPT Perpustakaan Muhammad Sani di Batam Punya Koleksi Beragam

ilham kurnia

Terbit

|

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau, Herry Andrianto SE., MM (kanan) menyerahkan potongan tumpeng kepada Direktur PT. Kurnia Djaja Makmur Abadi, Nur Syamsi pada Peresmian UPT Muhammad Sani di Perumahan KDA, Batam Center, Kamis (17/12). (F. UPT Perpustakaan Muhammad Sani untuk GoWest Indonesia))

UNIT Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Muhammad Sani di Batam berlokasi di Perumahan Kurnia Djaja Alam (KDA) diresmikan, Kamis (17/12).

Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau, Herry Andrianto SE., MM didampingi Dinas Perpustakaan Kota Batam dan Direktur PT. Kurnia Djaja Makmur Abadi, Nur Syamsi. Karena masa pandemi Covid-19, acara peresmian hanya dihadiri dengan tamu terbatas 50 orang dengan penerapan protokol kesehatan.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau merasa bangga dan berbahagia, karena setelah melalui perjalanan yang panjang UPT Perpustakaan Muhammad Sani akhirnya diresmikan hari ini (Kamis, 17/12),” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau, Herry Andrianto mewakili Gubernur Kepri, Isdianto dalam sambutannya kemarin (17/12).

Ia mengatakan, proses panjang pembentukan UPT Perpustakaan Muhammad Sani dimulai dari hibah lahan seluas 1.410 meter persegi yang diberikan PT Kurnia Djaja Makmur Abadi tahun 2014 dan berakhirnya dengan terbitnya peraturan Gubernur Nomor 45 Tahun 2020 tentang pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau serta Keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor 1021 Tahun 2020 tentang Pemberian nama UPT yaitu Perpustakaan Muhammad Sani.

Prasasti peresmian UPT Perpustakaan Muhammad Sani ditandatangani oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto, S.Sos., MM pada tanggal 24 September 2020.

“Terimakasih kepada PT. Kurnia Djaja Makmur Abadi dan warga perumahan KDA serta semua pihak yang sudah memberikan kontribusi dan memberikan sumbangsih bagi terbentuknya unit pelaksana teknis perpustakaan Muhammad Sani,” ujar Herry Andrianto.

BACA JUGA :  Batam Zona Kuning, Wali Kota Batam Ingin Segera Hijau

Ia berharap dengan berdirinya UPT Perpustakaan Muhammad Sani diharapkan dapat memberikan kontribusi serta manfaat langsung dan nyata berupa pemberian layanan perpustakaan kepada masyarakat Provinsi Kepulauan Riau di Kota Batam yang memiliki jumlah penduduk hampir 60 persen dari total seluruh penduduk di Provinsi Kepulauan Riau.

Foto bersama saat Peresmian UPT Muhammad Sani di Perumahan KDA, Batam Center, Kamis (17/12). (F. UPT Perpustakaan Muhammad Sani untuk GoWest Indonesia)

Koleksi bahan bacaan di perpustakaan UPT Muhammad Sani sangat beragam yaitu : Karya Umum , psikologi dan filsafat, Ekonomi dan hukum, pendidikan, Bahasa Indonesia dan Asing , Sains, Ilmu kesehatan, keperawatan, kebidanan, kedokteran, managemen , kesenian , olahraga dan kesenian, kesusastraan, novel, sejarah, geografi, budaya dan biografi.
Agama , ensiklopedia, kamus lengkap dan atlas.

Dengan beragamnya bahan bacaan di Perpustakaan Muhammad Sani, perpustakaan ini banyak dikunjungi masyarakat Batam dari mulai orang tua, dewasa, mahasiswa, pelajar hingga anak- anak.

“Pengunjungnya pada Tahun 2019 sejumlah 5.000 pengunjung, dalam sebulan bisa mencapai 600 pengunjung Tapi sejak pandemi menurun,” kata Emilia, SPd., ST., M.Si Selaku Plt. Kepala UPT Perpustakaan Muhammad Sani.

Bagi masyarakat Batam yang akan berkunjung ke Perpustakaan Provinsi Kepri di Batam ini bisa berkunjung saat jam operasional yaitu
Senin – kamis = 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB dan Jum’at = 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook