Hubungi kami di

Tanah Air

Distribusi Vaksin Covid-19 Terkendala Penyimpanan

ilham kurnia

Terbit

|

Sejumlah daerah tak bisa menerima vaksin sesuai kuota yang disiapkan karena rantai penyimpanan dingin di wilayah tersebut terbatas. Foto : © medcom

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan ketersediaan dan kapasitas penyimpanan rantai dingin menjadi salah satu kendala distribusi vaksin covid-19. Program vaksinasi di Tanah Air berpotensi terhambat jika masalah ini tak segera ditangani.

“Baru 1,2 juta sudah tidak mampu, bagaimana kalau nanti kirim 17 juta dan 25 juta,” kata Budi dalam Rapat Kerja di Komisi IX DPR di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa, 12 Januari kemarin.

Ada delapan provinsi yang mengalami kendala ketersediaan dan kapasitas rantai dingin. Kemenkes berkomunikasi dengan otoritas setempat dalam upaya memberikan solusi terkait vaksinasi. Di antaranya, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

BACA JUGA :  Lestarikan Lingkungan Ala Kids Zaman Now

“Kapasitas penyimpanan rantai dingin yang belum cukup, sehingga baru bisa menerima sebagian vaksin yang direncanakan,” papar BUdi.

Sebanyak 3 juta dosis vaksin CoronoVac buatan Sinovac didistribusikan ke 34 provins. Pada, Selasa, 12 Januari 2021, bahan baku 15 juta dosis vaksin covid-19 tiba di Tanah Air. Vaksin langsung didistribusikan setelah PT Bio Farma memproses bahan baku menjadi barang siap pakai.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook