Hubungi kami di

Peristiwa

Ganggu Penerbangan Singapura, Lanud Hang Nadim Tertibkan Lampu Sorot Hotel Sky One

Karena lampu sorot yang terletak di lantai atas hotel tersebut, otoritas pihak Bandara Changi Singapura komplain kepada AirNav Batam.

Terbit

|

Lampu sorot Hotel Sky One di Harbour Bay Batam yang mengganggu penerbangan di Bandara Changi Singapura. F dok Lanud Hang Nadim Batam

GANGGUAN lampu sorot dan sinar laser memiliki dampak yang buruk pada penerbangan. Sehingga segala bentuk lampu sorot berkekuatan besar yang diarahkan ke langit di malam hari tidak diperkenankan. Namun hal ini tampaknya belum diketahui oleh manajemen Hotel Sky One Harbour Bay Batam.

Karena lampu sorot yang terletak di lantai atas hotel tersebut, otoritas pihak Bandara Changi Singapura komplain kepada AirNav Batam. “Berawal infor dari Air Traffic Control (ATC) Singapura ke menara AirNav Batam yang diteruskan ke Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam, telah terjadi dua kali serangan laser kepada pesawat yang mau mendarat di Bandara Changi. Koordinatnya kira-kira dari Ocarina,” kata Kadisops Lanud Hang Nadim Batam, Mayor Lek Wardoyo, Jumat (29/4).

BACA JUGA :  Komisi IV Gelar RDP Soal Puskesmas Tanjung Buntung

Dengan segera, anggota Lanud Hang Nadim bergerak menelusuri dan memeriksa lokasl yang tertera di koodinat, tapi ternyata nihil. Baru diketahui saat tengah malam bahwa lampu sorot tersebut berasald ari atas Hotel Sky One Harbour Bay Batam

Setelah mendapat pemahaman dan edukasi dari anggota Lanud Hang Nadim Batam serta Ditpam BP Batam, pihak manajemen hotel bersedia mematikan lampu tersebut dan berjanji untuk tidak mengoperasikan lampu sorot tersebut karena mengganggu penerbangan.

BACA JUGA :  Penyekatan Juga Perlu Dilakukan di Hulu | PPKM Hari ke-3 di Batam

Salah seorang anggota manajemen hotel tersebut meminta maaf atas terjadinya gangguan ini. Ia juga sudah menginfokan kepada pemilik hotel agar tidak menggunakan lagi lampu sorot tersebut.

Sementara itu, Komandan Lanud Hang Nadim Letkol PnB Iwan Setiawan mengimbau kepada warga Batam terutama pengelola hiburan, agar tidak menggunakan laser atau lampu sorot berkekuatan besar dan dipancarkan ke atas saat malam hari.

“Hal ini sangat berbahaya dalam dunia penerbangan. Selain silau juga mampu mengganggu konsentrasi pilot pesawat saat melakukan pendaratan,” ungkapnya (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid