Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Google Aktifkan Kabel Bawah Laut Baru, YouTube Makin Cepat

Adam

Terbit

|

GOOGLE telah mengaktifkan kabel bawah laut terbaru untuk negara-negara di kawasan Asia. Dengan infrastruktur anyar ini, konektivitas beragam layanan Google seperti Gmail, YouTube, dan platform cloud computing di region tersebut akan menjadi lebih cepat.

Kabel berkecepatan 26 Terabits per detik itu, menurut Tech Crunch, menghubungkan pusat data Google di Taiwan dengan fasilitas mereka Jepang. Jepang sendiri telah memiliki kabel bawah laut terhubung ke Amerika Serikat berkecepatan 60 Terabits per detik.

Aksi Google ini berkaitan dengan pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Asia. Dalam sebuah laporan yang dikerjakan Google bersama Temasek milik Singapura, diketahui bahwa di Asia Tenggara saja terdapat 3,8 juta pengguna internet baru setiap bulannya.

BACA JUGA :  Keunggulan iPhone 7 dan 7, Tahan Air dan Debu

“Efek (kabel bawah laut baru) mungkin tak akan langsung terasa, tapi pastinya kabel baru ini akan membuat produk dan layanan Google bekerja lebih cepat di sekitar region (Asia). Kabel ini juga menambah konsistensi koneksi internet yang cepat karena dibangun di luar zona tsunami untuk memastikan tidak terjadinya putus jaringan karena bencana alam,” kata Google dalam keterangan resmi.

Sebelumnya, pada tahun lalu, Google juga telah meningkatkan kapasitas pusat data mereka untuk Asia yang berlokasi di Singapura dan Taiwan. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook