Hubungi kami di

Otto Keren!

Honda Tawarkan Mesin Mobil Gelondongan

Mike Wibisono

Terbit

|

PRODUSEN Otomotif Honda merupakan salah satu merek mobil yang menghasilkan mesin terbaik di dunia. Mereka pun mengumumkan kalau sekarang ini mereka tidak hanya sekadar menjual mobil saja. Namun juga menawarkan mesin saja kepada konsumen yang berminat.

Mesin gelondongan yang ditawarkan ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya menukar mesin di mobil. Biasanya penukaran mesin dilakukan untuk mendapatkan tenaga yang lebih kuat dan responsif dibandingkan mesin yang digunakan sebelumnya.

Kali ini, mereka mulai menjual mesin gelondongan 4-silinder turbocharged yang diberi kode K20C1 yang dikembangkan oleh Honda Performance Development (HPD). Mesin ini juga sudah teruji karena digunakan di Civic Type R yang merupakan varian terkuat yang mereka tawarkan di keluarga Civic.

Secara spesifikasi, mesin 2.000 cc Turbocharged yang ditawarkan ini mampu menyemburkan tenaga hingga 306 daya kuda @ 6500 rpm dan torsi 400 Nm @ 2.500-4.500 rpm. Secara tenaga, bongkahan baja yang ditawarkan ini bisa menjadi produk baru crate engine untuk memuaskan para penggila kecepatan.

Ilustrasi, mesin mobil

Disematkan di balik kap mesin Civic Type R FK8, akselerasi 0-100 kilometer per jam hanya 5,6 detik, dengan transmisi manual 6 percepatan close ratio. Kecepatan maksimalnya bisa menembus 272 kilometer per jam.    

BACA JUGA :  Bus Berbahan Bakar Hidrogen Beroperasi Mulai Tahun Depan

HPD melihat perlu menawarkan mesin ini karena tingginya minat para modifikator melakukan swap engine di mobilnya. Selain itu, strategi ini ditawarkan untuk mengantisipasi penjualan barang halfcut di pasar loak, importir atau situs tertentu.

Mesin K20C1 yang ditawarkan ini juga berbeda dengan yang sudah pernah dipamerkan di SEMA Show 2017 karena ada sejumlah perubahan. Mulai dari  blok panjang tipe R, starter, alternator, turbo, intake dan sistem bahan bakar injeksi.

Honda menjelaskan mesin nantinya akan dikirimkan yang berisikan blok mesin, alternator, turbocharger, dan motor starter. Namun ada paket yang tambahan yang terdiri dari ECU, engine swap harness, dan pedal gas.

Ilustrasi, mesin mobil

“Paket mesin ini edisi terbatas dan menjadi bagian dari strategi HPD, untuk memanfaatkan keahlian tertinggi kami untuk kepentingan penggemar Honda dari segala usia dan kategori motorsport,” kata Perwakilan tim HPD, John Whiteman.

Banderol paket mesin saja akan dikenakan biaya sekitar USD6.790 atau sekitar Rp95 jutaan. Sementara Controls Package akan mendapat tambahan biaya USD2.210 atau sekitar Rp30 jutaan.

(*)

Sumber : medcom 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook