Hubungi kami di

Makan Enak

Ikan Arsik Bumbu Kuning Khas Sumatera Utara

Adam

Terbit

|

SUMATERA Utara memiliki sajian makanan tradisional yang beragam dan menggugah selera. Seperti sajian yang satu ini yaitu Ikan Arsik yang merupakan salah satu penganan tradisional yang populer di Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Melansir laman negerikuindonesia.com, Selasa 6 September 2016, bahan utama ikan arsik adalah ikan mas. Kuliner ini semakin nikmat karena menggunakan bumbu kuning yang bercita rasa khas.

Diperkirakan makanan ini sudah ada sejak dahulu kala yang resepnya sudah diwariskan secara turun menurun oleh nenek moyang masyarakat Batak. Ikan arsik juga dipercaya memiliki nilai dan filosofi tersendiri yang dipercayai masyarakat setempat hingga sekarang.

Ikan arsik ini biasa disajikan dalam upacara adat. Dalam penyajiannya pun ikan arsik disajikan dengan tata cara khusus agar tidak menghilangkan nilai kesakralannya. Meskipun begitu, bukan berarti ikan arsik tidak dapat dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari.

Uniknya lagi, ikan arsik yang menggunakan bahan ikan mas ketika diolah sisik pada ikan tidak dibuang. Yang dibersihkan hanya bagian perutnya saja.

Ketika memasak ikan arsik bumbu-bumbu yang digunakan juga khusus, yang hanya terdapat di daerah pegunungan Sumatera Utara. Bumbu khusus tersebut seperti kecombrang, andaliman dan asam cikala. Bumbu tersebutlah yang membuat sajian ikan arsik memiliki cita rasa yang berbeda.

Dalam sepiring sajian ikan arsik akan dilengkapi dengan daun singkong dan irisan kacang panjang sebagai sayurnya. Proses pembuatan ikan arsik juga tidak lama dan terbilang mudah. Bagi yang tidak suka dengan ikan mas, sajian ikan arsik juga dapat digantikan dengan ikan lainnya seperti ikan tongkol, ikan kembung, dan ikan kakap.

Bagi Anda yang sedang berada di Sumatera Utara rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi gurih, lembut dan nikmatnya ikan arsik. Saat ini menu ikan arsik sudah mudah ditemui di berbagai warung-warung makan yang berada di kawasan wisata Sumatera Utara. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook