Hubungi kami di

Uang

INSW Permudah Layanan Pengguna Jasa Pelabuhan

Terbit

|

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo. Foto: @Ist.

SISTEM Indonesia National Single Window (INSW) mampu memudahkan para pengguna jasa pelabuhan di Batam. INSW ini sudah mencakup layanan dari berbagai instansi, termasuk dari Bea Cukai (BC) Batam.

Adapun turunan dari INSW ini muncul dalam produk platform Batam Logistic Ecosystem (BLE). BLE berfungsi mensukseskan INSW.

Bebagai instansi turut dalam mengembangkan BLE, yakni Tim National Logistic Ecosystem (NLE), BC Batam, BP Batam, KSOP Batam, Imigrasi Batam, Karantina Pertanian Batam, Karantina Perikanan Batam, Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam dan Lembaga National Single Window (NSW).

BACA JUGA :  Update Pasien Positif COVID-19 Kepri, 27 Orang Positif Hingga Awal Pekan

“Kita harus terus berkomitmen menyukseskan BLE ini, harapannya di masa mendatang BLE bisa menjadi pilot bagi daerah lainnya dalam melakukan penataan logistik,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo, Minggu (10/10).

Keuntungan bagi pengguna jasa pelabuhan dalam menggunakan INSW yakni jika sebelumnya agen pelayaran wajib menyampaikan seluruh informasi terkait kedatangan dan keberangkatan kapal secara satu per satu ke sistem milik kementerian dan lembaga, dimana dalam proses ini terjadi repetisi proses permohonan dan duplikasi penyampaian data.

BACA JUGA :  Mengenal Perbedaan Video Pendek Antara Teaser, Trailer dan Clip

“Setelah penerapan Single Submission Pengangkut agen pelayaran cukup menyampaikan seluruh informasi terkait kedatangan dan keberangkatan kapal satu kali ke Sistem INSW yakni ke Single Submission Pengangkut,” jelasnya.

*(rky/GoWest)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook