Hubungi kami di

Budaya

Kadisbudpar Batam Terima Kunjungan Komunitas Basiba Sumbar (KBS) Batam

iqbal fadillah

Terbit

|

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, poto bersama pengurus Komunitas Baju Kuruang (KBS) Batam. Photo : @Ist.

KEPALA Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam menerima kunjungan Komunitas Baju Kuruang Basiba Sumbar (KBS) Kota Batam, bertempat kantor Disbudpar Batam Centre, Senin (11/1/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka mengenalkan KBS Kota Batam yang baru dilantik 12 November 2020.

“Kami Komunitas Baju Kuruang Basiba Sumatera Barat bersilaturrahmi mengenalkan tentang komunitas dan meminta masukan dari Pak Ardi tentang kebudayaan,” kata Beti, pendiri KBS Kota Batam.

Tak hanya itu kunjungan ini untuk meminta masukan tentang pelestarian baju kuruang basiba wanita minang Sumatera Barat Kota Batam sehingga lebih dikenal oleh para millenial Kota Batam.

Berdiri tiga bulan, KBS terus mensosialisasikan komunitas diberbagai kegiatan. Kemudian 24 Desember 2020 Pendiri KBS Kota Batam mendapatkan penghargaan dari Garnita Malahayati Kepri kategori Wanita Penggiat Budaya.

Awal dibentuk komunitas tersebut dengn harapan melestarikan budaya sehingga makin dikenal warga minang di Kota Batam.

“Baju ini sudah lama tak dipakai oleh wanita minang, kita mulai menggalakkan kembali wanita minang di Batam untuk mencintai kembali busana ini,” ucapnya.

BACA JUGA :  Buat Apa Teori Puisi Disusun?

Ia mengucapkan terima kasih atas masukan dari Kepala Disbudpar Kota Batam dan segera mewujudkan sehingga budaya Basiba lestari di Kota Batam.

“Masukan dari Pak Ardi sangat bagus seperti modifikasi baju basiba lebih modern dan di kombinasi dengan kain lain seperti Batik Batam, dan kami juga akan berkoordinasi dengan pemangku adat Sumbar,” terangnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata menerima baik kunjungan dari KBS Kota Batam. Adanya pertemuan bisa saling berbagi budaya masing-masing.

“Terima kasih kunjungannya, kegiatan ini saling berbagi ilmu, saya sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata merangkul semua budaya,” ujar dia.

Ardi memberi masukan kepada KBS Kota Batam dengan mengenalkan busana kepada pemuda minang Batam dengan rancangan busana yang modern terlebih dahulu mengenalkan busana yang asli. Dalam acara spesial juga kesempatan bagi KBS mengenalkan busana tersebut.

“Kenalkan busana melalui peragaan, busananya dirancang oleh desainer yang telah mahir di fashion,” ucapnya. (*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook