Hubungi kami di

Histori

Kecelakaan Pesawat di Karawang 38 Tahun Lalu

iqbal fadillah

Terbit

|

Foto : © aviation safety

KELIHATANNYA tidak banyak yang tahu bahwa kurang lebih 38 tahun yang lalu daerah Karawang juga menjadi saksi sebuah kecelakaan udara yang menewaskan 37 orang.

Mereka terdiri dari 31 Penumpang dan 6 Awak Pesawat.

Hari Selasa, 26 Agustus 1980 pesawat Vickers Viscount PK-IVS yang dioperasikan oleh Bouraq Indonesia Airlines Bertolak dari Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan tujuan Bandar Udara Kemayoran di Jakarta.

Pada Pukul 06:04 WIB, kru melakukan panggilan darurat (Mayday) karena pesawat dalam kondisi bergetar. Pihak ATC Kemayoran mengarahkan 1 unit pesawat Fokker F-28 yang kebetulan berada di dekat pesawat PK-IVS untuk melakukan pemantauan.

Pada Pukul 06:28 WIB Crew F-28 mendapati adanya permasalahan dengan elevator sebelah kanan dan menyampaikan bahwa pesawat dalam kondisi miring ke arah kiri.

BACA JUGA :  Marlboro ; Antara Brand Pria & Wanita

Kerusakan pada elevator ini menyebabkan kru pesawat kehilangan kendali pada pesawat yang berakibat pada jatuhnya pesawat dengan kondisi terbalik menghujam dengan sudut 25 derajat terhadap bumi.

Dari hasil investigasi, penyebab jatuhnya PK-IVS diperkirakan adalah retaknya Spigot pada rangkaian elevator. Bagian ini seharusnya telah diganti setelah mencapai 21.000 jam terbang. Namun hingga 33.000 Jam terbang bagian ini belum diganti.

Data-data Pesawat :
1. Type : Vickers Viscount
2. Registrasi : PK-IVS
3. C/n msn : 353
4. Terbang Pertama : 1958 (22 tahun saat kejadian)

 

Sumber : aviation-safety.net

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook