Hubungi kami di

Pendidikan

Kemenkominfo Dorong Pemanfaatan TIK di Sekolah

Terbit

|

Ilustrasi, informasi teknologi. © Deloitte

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi mendukung penuh pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada proses pembelajaran.

Hal itu, salah satunya dilakukan dengan menyelenggarakan webinar Digital Society.

Webinar tersebut dilakukan untuk memberi bekal kepada sekolah dalam mengoptimalkan pemanfaatan 

Mengambil tema Pemanfaatan dan Integrasi TIK dalam Pendidikan, webinar itu diselenggarakan pada Jumat (17/9/2021) kemarin.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (PAUD, Dikdas, dan Dikmen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbud Ristekdikti) Jumeri mengatakan TIK dalam pendidikan berperan penting sebagai infrastruktur pembelajaran.

BACA JUGA :  Guru Wajib Tes Antigen Sebelum PTM Dimulai

Pada masa pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas ini, bahan ajar tidak hanya disampaikan di kelas, tetapi juga tersedia dalam format digital.

Jumeri mengatakan peserta didik tidak harus belajar di tempat dan waktu tertentu dengan adanya TIK.

“Saat senggang dan berada di tempat umum, mereka (peserta didik, red) bisa tetap belajar dengan perangkat yang mereka miliki,” ucap Jumeri.

BACA JUGA :  "Saat Anak-Anak Ingin Kembali Bersekolah"

Dia memastikan Kemendikbud Ristekdikti mendukung pelaksanaan digitalisasi sekolah dan asesmen nasional berbasis komputer.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan transformasi digital bisa diwujudkan dengan kemampuan literasi masyarakat yang baik.

“Pemerintah akan terus melakukan upaya meningkatkan literasi digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan,” kata Dirjen Semuel.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook