Hubungi kami di

Berita

Kepri Sumbang Jumlah Pengangguran Terbanyak di Indonesia

Zilfia Sarah

Terbit

|

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia mencapai 5,5 persen dengan jumlah 7,02 juta orang. Dan, provinsi dengan tingkat pengangguran paling tinggi terdapat di Kepulauan Riau (Kepri) dan terendah di Bali.

Angka ini dirilis BPS pada bulan Mei 2016 lalu. Namun, hingga kini belum banyak perubahan.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, tingkat pengangguran berdasarkan sebaran provinsi, tertinggi di Provinsi Kepri sebesar 9,03 persen. Sedangkan terendah 2,12 persen di Provinsi Bali.

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Sairi Hasbullah mengatakan kondisi industri di Batam dan sekitarnya masih lesu sehingga belum mampu menyerap banyak tenaga kerja. Termasuk di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Maluku yang masing-masing mencatatkan tingkat pengangguran 7,82 persen dan 6,98 persen.

“Belum recovery industri di Batam dan sekitarnya. Sama seperti Sulut dan Maluku, sehingga perlu perjuangan keras. Tapi di Jawa Timur dan DKI sudah mulai recovery daya serapnya,” terang Sairi.

Dilihat dari laju pertumbuhan menurut pulau atau wilayah, perekonomian tertinggi diraih Sulawesi dengan realisasi 7,52 persen di kuartal I 2016. Pulau Bali dan Nusa Tenggara di urutan kedua 7,09 persen, lalu disusul Jawa 5,13 persen, Pulau Sumatera 4,18 persen.

Sementara pertumbuhan ekonomi di Pulau Maluku dan Papua serta Kalimantan di kuartal I ini masing-masing 1,24 persen dan 1,08 persen.

“Di Maluku dan Papua, pertumbuhan ekonominya memang mengalami penurunan dari sebelumnya 2,03 persen. Juga dengan Kalimantan karena hasil sumber daya alamnya, paling besar minyak dan gas. Wilayah ini terdampak dari harga komoditas yang anjlok,” kata dia. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook