Hubungi kami di

Film Film Film

“Ketika Bumi Penuh Penyakit dan Kemiskinan” | Sinopsis ELYSIUM

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, poster film Elysium di tahun 2013

ELYSIUM adalah film yang bergenre thriller, aksi, dan fiksi ilmiah yang sudah tayang di Amerika sejak tahun 2013. Menjadi menarik karena cerita yang diangkatnya seperti menggambarkan kondisi sekarang walau berlatar waktu lebih futuristik di tahun 2154.

Film ini ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh Neill Blomkamp. Film Elysium dirilis pada 9 Agustus 2013 lalu oleh Media Rights Capital dan TriStar Pictures.

Dibintangi oleh Matt Damon, Jodie Foster, Sharlto Copley, Alice Braga, Diego Luna, Wagner Moura dan William Fichtner. Elysium mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 6,6/10 dari situs IMDb.

Elysium memang mengambil latar waktu masa depan, yakni tahun 2154. Pada tahun itu digambarkan kehidupan Bumi berubah.

Populasi penduduk serta tingkat polusi yang terlalu tinggi. Perang, penyakit, bahkan kemiskinan terjadi pada Bumi.

Pada akhirnya, terdapat dua status sosial yang terbentuk atas peristiwa tersebut. Kaum elit yang memiliki kekayaan, baik secara ekonomi maupun sosial memutuskan untuk pindah tempat tinggal menuju koloni luar angkasa bernama Elysium. Tempat ini merupakan tempat tinggal impian semua orang di dunia.

Sedangkan mereka yang tidak mampu, harus rela tinggal di Bumi yang sudah tercemar polusi dan hanya mampu bermimpi untuk bisa tinggal di Elysium suatu saat nanti.

Max Da Costa (Matt Damon) adalah seorang anak yatim piatu yang juga memiliki mimpi untuk tinggal di Elysium. Max pun juga berjanji kepada Frey (Alice Braga), temannya di panti asuhan, untuk mengajaknya ke sana suatu saat nanti.

Namun perlahan-lahan, ia mulai melupakan impiannya untuk tinggal di Elysium hingga sebuah kejadian mengubah pikirannya.

Max sekarat setelah mengalami kecelakaan di pabrik tempatnya bekerja dan hanya memiliki waktu lima hari untuk bisa tetap hidup. Satu-satunya cara untuk dapat menyembuhkan dirinya adalah dengan menggunakan kapsul yang hanya bisa diakses di Elysium.

Dalam depresi untuk bisa tetap hidup, Max meminta bantuan kepada Spider (Wagner Moura) untuk bisa mengirimkan dirinya menuju Elysium.

Sebagai ganti untuk bisa mendapatkan akses menuju Elysium, Max harus menuruti permintaan Spider sekaligus menggunakan pakaian exoskeleton yang nantinya akan menyatu dengan tubuh Max guna meningkatkan kemampuan fisiknya.

Tidak hanya meningkatkan fisik semata, pakaian tersebut juga dilengkapi alat transfer data yang akan sangat berguna ketika menjalankan misi dari Spider.

Untuk mensukseskan misi tersebut, Max harus berhadapan dengan beberapa tokoh antagonis seperti Kruger (Sharlto Copley), agen rahasia dari Sekretaris Badan Pertahanan Elysium, Jessica Delacourt (Jodie Foster).

Berhasilkan Max menjalankan misi dari Spider untuk mendapatkan tiket menuju Elysium seperti yang ia inginkan?

Anda yang belum menyaksikan film lawas ini, ada baiknya menyimak tayangan penuhnya untuk mendapatkan gambaran cerita yang lebih utuh.

(*/mik)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook