Hubungi kami di

Dunia

Kisah Jaguar Yang Terbengkalai di Gudang Tua

nien bagaskara

Terbit

|

Di luar nilai historisnya, penemuan tak terduga, biasanya menimbulkan antusiasme tersendiri.

Seperti dalam peristiwa ini. Sebuah gudang buruk rupa di Cheshire, Inggris, baru-baru ini memunculkan sebuah temuan semacam itu.

Foto : BBC

Foto : BBC

Di dalam gudang ditemukan sebuah mobil Jaguar E-Type 3.8 Coupé keluaran tahun 1964 yang tak tersentuh selama beberapa dekade. Sekalipun tertutup kotoran, keadaannya benar-benar terpelihara.

Foto : BBC

Foto : BBC

Keluarga dari pemiliknya yang telah meninggal menemukan mobil itu, dengan plat nomer PRF 935B dan membahas temuan itu dengan rumah lelang mobil antik H&H Classic.

Foto : BBC

Foto : BBC

Pada tanggal 12 Oktober 2016, mobil tipe E ini akan dibersihkan dari kotorannya dan akan menjadi bintang dalam lelang oleh H&H di Imperial War Museum di Duxford.

Mobil Jaguar seri I diproduksi antara tahun 1961 hingga 1964 dan jauh berada di bawah tipe E, yang dihargai sangat tinggi oleh para kolektor. Sekitar 85% dari total produksi mobil Jaguar sport seperti ini, dibuat untuk penjualan ekspor sehingga diproduksi dengan kemudi di sisi kiri.

Foto : BBC

Foto : BBC

Mobil ini menjadi langka karena kemudinya berada di sisi kanan. Temuan ini merupakan satu dari 1.798 mobil tipe E dengan kapasitas 3,8 liter yang berkemudi setir di sebelah kanan.

Foto : BBC

Foto : BBC

Almarhum pemilik mobil ini membelinya sebagai hadiah untuk istrinya di tahun 1970.

BACA JUGA :  SURVEI : Sentimen Anti Ahok Masih Tinggi

Sang istri mengemudikannya selama beberapa tahun (catatan odometer sejauh 52.738 mil) sebelum menyimpannya di dalam gudang seperti yang Anda lihat ini.


Dan di sinilah mobil itu berada, tak terpakai, begitu saja.


H&H melaporkan tipe E yang terlantar ini dicat merah dengan jok kulit abu-abu, termasuk juga buku panduan orisinalnya, kartu garansi dan buku servis yang memperlihatkan delapan kali servis ketika mencapai jarak 20.000 mil.

Foto : BBC

Foto : BBC

Selain itu juga servis pada bulan November 1965 untuk jarak 20.207 mil, dan ditemukan pula sertifikat laik jalan sebanyak lima unit, dengan sertifikat terakhir untuk tahun 1973/74 pada 50.000 mil”.

H&H memperkirakanmobil ini bisa laku antara £35.000 (Rp590 juta) hingga £45.000 (Rp758 juta) ketika dipasarkan nanti.

Foto : BBC

Foto : BBC

Jika direstorasi hingga sempurna, diperkirakan ia bisa meraih angka penjualan £165.000 (Rp2,78 miliar). ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook