Hubungi kami di

Budaya

Kisah UU Hamidy | “MENJAGA NEGARA DENGAN PENA”

Terbit

|

UU Hamidy adalah budayawan Riau asal Kuansing. UU Hamidy lahir di Siberakun 17 November 1943.

UU Hamidy meraih gelar sarjana pendidikan bidang Bahasa dan Sastra dari IKIP Malang pada tahun 1970. Mulai 1971 UU Hamidy bekerja sebagai tenaga edukatif pada jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Universitas Riau.

Sepanjang karirnya di dunia tulis-menulis, UU Hamidy menerbitkan sedikitnya 50 judul buku. Sebagian besar karyanya bertemakan tentang kajian kebudayaan Melayu, kesusastraan, dan pengembangan budaya Melayu yang bermartabat.

BACA JUGA :  Ketua TP PKK Batam Berikan Bantuan Sembako Kepada Pelaku Pariwisata dan Seniman Batam

Pada tahun 1978-1979, UU Hamidy memperdalam study tentang Kebudayaan Melayu pada Jabatan Pengajian Melayu Unversiti Malaya Kuala Lumpur. Ia meraih gelar Master of Arts dengan tesis berjudul Randai Dalam Kehidupan Masyarakat Melayu Riau (1980).

Tulisan UU Hamidy banyak tersebar di dalam dan di luar negeri. Ia juga pernah bergiat mengisi rubrik sastra di Harian Riau Pos. Pemikiran UU Hamidy sering berazaskan kepada penciptaan azam Melayu dan tamadun pemikiran Melayu yang dinamis dan prinsipil.

UU Hamidy juga memberikan perhatian dan kajian penting terhadap bahasa Indonesia, khususnya pemikiran dan kajiannya tentang sumbangan bahasa Melayu Riau kepada bahasa dan bangsa Indonesia. UU Hamidy mengupas latar belakang permasalahan tersebut di dalam bukunya yang berjudul Riau sebagai Pusat Bahasa dan Kebudayaan Melayu (2003).

BACA JUGA :  Sejarah Blog yang Mewarnai Jalan Cerita Peradaban Manusia

Semasa kecilnya UU Hamidy sering merenungkan sifat-sifat alam yang pernah  dijelajahinya di sekitar desa tempat tinggalnya. Dari situ, Ia pun menulis memoarnya dalam sebuah buku yang berjudul Rahasia Penciptaan (2005).

(*)

Sumber : berbagai sumber | YouTube - Samson Rambah Pasir 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook