Hubungi kami di

Ini Batam

Makin Mudah, Kini Layanan di Bidang Logistik Mulai Disederhanakan

Terbit

|

Proses pelayanan di Kantor BC Batam. F. Dok. GoWest.id

LAYANAN pemerintah di bidang logistik semakin dipermudah. Ketua Tim Batam Logistics Ecosystem (BLE) Bea Cukai Batam, Dwi Jogyastara, memaparkan progres dan capaian Batam Logistic Ecosystem (BLE) .

Dwi mengatakan, adapun progres dan pencapaian dalam penataan logistik, yaitu, pertama telah diciptakannya penyederhanaan proses bisnis antarlayanan pemerintah.

“Dalam Inpres No. 5 Tahun 2020 pemerintah telah menyusun langkah-langkah untuk melakukan penataan logistik dan sudah disusun dalam rangka rencana aksinya, ada empat pilar, salah satunya adalah simplifikasi antarlayanan pemerintah.” jelasnya Senin (13/12).

Penyederhanaan proses bisnis layanan pemerintah di bidang logistik yang berbasis teknologi informasi ini diciptakan guna menghilangkan repetisi dan duplikasi.

Layanan pemerintah di bidang logistik yang telah disederhanakan tersebut di antaranya yaitu layanan Ship to Ship & Floating Storage Unit (STS-FSU), layanan persetujuan kedatangan kapal, layanan perizinan usaha dan pemotongan kuota dan layanan Single Submission (SSm) pengangkut serta manajemen inventory pelabuhan.

BACA JUGA :  Update Covid 19 Tanjungpinang: Positif 120, Sembuh 34, Meninggal 3

Progres dan capaian yang kedua yaitu telah dibangunnya kolaborasi sistem layanan logistik antar pelaku usaha baik di sektor swasta maupun pemerintah. Layanan logistik yang telah dikolaborasikan diantaranya yaitu layanan untuk pemesanan truk, pemesanan kapal, dan pemesanan gudang.

Layanan tersebut telah berjalan dan telah dilakukan banyak transaksi. layanan pemesanan truk telah terdapat 44 transaksi, layanan pemesanan kapal terdapat 97 transaksi, serta layanan pemesanan gudang terdapat sebanyak 195 transaksi.

BACA JUGA :  Jokowi Persilahkan Uji Materi UU Ciptaker ke MK

Progres ketiga yaitu adanya kemudahan transaksi pembayaran penerimaan negara dan fasilitasi pembayaran antar pelaku usaha terkait proses logistik. BLE telah bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk memfasilitasi pembayaranlayanan logistik trucking, shipping, warehousing dan depo kontainer.

Kemudian progres dan capaian yang keempat yaitu telah dilakukan perbaikan terhadap infrastruktur tata ruang dan sistem kepelabuhanan yang mendukung digital and green port. Autogate system (AGS) yang dilengkapi optical character recognition (OCR) telah selesai dibangun dan diuji coba.

Telah dibangun pula Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) serta proyek perkerasan container yard (CY) seluas 2 hektare di Dermaga Utara Pelabutan Batuampar.

(*/rky/GoWestId)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid