Hubungi kami di

Berita

Melihat Waduk Karian, Bendungan Terbesar yang Menenggelamkan 12 Desa

iqbal fadillah

Terbit

|

BENDUNGAN atau waduk Karian merupakan satu dari 65 bendungan yang dibangun oleh Kementerian PUPR.

Bendungan ini merupakan bendungan multifungsi yang menjadi salah satu proyek strategis nasional. Dengan kapasitas tampung sebesar 314,7 juta meter kubik, yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pasokan air bagi lahan pertanian seluas 22.000 hektar, di Provinsi Banten.

Waduk Karian yang dibangun dengan menenggelamkan 12 desa di empat kecamatan itu, diharap juga dapat memasok air baku (air minum) untuk masyarakat DKI Jakarta, Bogor selain Banten sendiri.

Pembangunan Waduk Karian ini melibatkan kontraktor Korea Selatan dan menelan biaya senilai Rp 1,07 triliun yang didanai dari pinjaman Korea Selatan sebesar 100 juta dolar AS serta dilaksanakan secara bertahap.

Namun, pembangunan tahap pertama mengutamakan lokasi yang dijadikan daerah hulu Bendungan berlokasi di Desa Pasir Tanjung Kecamatan Rangkasbitung.

Pembangunan Waduk Karian bisa memasok air baku untuk masyarakat DKI Jakarta, Bogor, dan Banten sekitarnya. Pembangunan waduk itu akan menampung 209 juta meter kubik air dan menggenangi lahan seluas 1.740 hektare dengan luas keseluruhan 2.170 hektare.

Awal Oktober 2017 ini, presiden Joko Widodo meninjau progress pembangunan waduk yang disebut-sebut terbesar di Indonesia itu. Seperti apa kondisinya kini? Simak video di atas.

(yur)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook