Hubungi kami di

Khas

“Menilai Air” di Peringatan Hari Air Sedunia 2021

ilham kurnia

Terbit

|

Ilustrasi air, © floridadep.gov

TANGGAL 22 Maret ditetapkan sebagai Hari Air Sedunia (World Water Day) sesuai kesepakatan pada sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tanggal 22 Desember 1992.

Hari Air Sedunia mulai diperingati sejak tahun 1993 dan menjadi peringatan untuk menyadarkan masyarakat dunia akan pentingnya air bersih dan pengelolaan sumber air yang berkelanjutan.

Tujuan peringatan Hari Air Sedunia untuk menyoroti pentingnya air dan meningkatkan kesadaran tentang krisis air yang dihadapi dunia.

Menurut situs Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), fokus utama peringatan Hari Air Sedunia 2021 adalah untuk “Mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goal (SDG) 6: air dan sanitasi untuk semua pada tahun 2030”.

Fokus utama Hari Air Sedunia adalah untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 6: Air dan sanitasi untuk semua.

Tema Hari Air Sedunia 2021

Tema Hari Air Sedunia tahun 2021 adalah “Valuing Water (Menilai Air)” yang membahas tentang arti air bagi manusia dan bagaimana kita dapat melindungi sumber daya vital ini dengan lebih baik.

Air memiliki arti yang berbeda bagi tiap orang. Saat ini air berada di bawah ancaman ekstrim akibat pertumbuhan populasi, meningkatnya penggunaan air pada pertanian dan industri, dan adanya dampak perubahan iklim yang semakin memburuk.

Untuk menjaga agar air senantiasa tersedia dengan kuantitas dan kualitas yang memadai, perlu dilakukan upaya konservasi air.

BACA JUGA :  Kata "HALO" di Sambungan Telepon

Berdasarkan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air, konservasi sumber daya air dapat dilakukan dengan cara:

  1. Perlindungan dan pelestarian sumber air
    Ditujukan untuk melindungi dan melestarikan sumber air terhadap kerusakan atau gangguan yang disebabkan oleh daya alam dan yang disebabkan oleh tindakan manusia. Contohnya dengan tidak menebang pohon dan melakukan penghijauan di daerah resapan air.
  2. Pengawetan air
    Ditujukan untuk memelihara keberadaan dan ketersediaan air atau kuantitas air sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Dilakukan dengan cara menggunakan air secara efisien dan efektif, serta dengan mengelola air hujan menggunakan kolam tandon, lubang resapan biopori atau sumur resapan.
  3. Pengelolaan kualitas air
    Dilakukan dengan cara memperbaiki kualitas air pada sumber air dan prasarana sumber daya air.
  4. Pengendalian pencemaran air
    Dilakukan dengan cara mencegah terjadinya pencemaran air pada sumber air dan prasarana sumber daya air, yaitu dengan tidak membuang sampah ataupun limbah yang belum diolah ke sumber air.

Signifikansi Peringatan Hari Air Sedunia

Arti penting dari memperingati Hari Air Sedunia sangat sederhana. Dengan jenis dunia yang kita tinggali ini, sumber daya hampir habis.

Berkat kekejaman yang ditimbulkan terhadap lingkungan keberlanjutan adalah konsep yang perlu dipahami semua orang.

Belum terlambat bagi orang untuk menindaklanjutinya dan menyimpan sumber daya yang penting, contohnya seperti air.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook