Hubungi kami di

Pop & Roll

Pak Ogah Meninggal Dunia

Terbit

|

Abdul Hamid alias pak Ogah tutup usia, Rabu (28/12/2022) dalam usia 75 tahun. Foto : © Liputan6

KABAR duka kembali datang dari dunia hiburan tanah air. Pak Ogah yang bernama asli Abdul Hamid meninggal dunia pada Rabu (28/12/2022). Tokoh yang sempat sangat dikenal pada era 80-an silam itu meninggal dunia setelah beberapa waktu mengalami sakit.

“Iya betul, ini masih di kamar jenazah. Tadi meninggalnya jam 19.30 WIB,” kata Yuyun Widayati, isteri almarhum seperti dinukil dari laman kompas.com.

Kondisi kesehatan Pak Ogah dikabarkan memang terus menurun dalam beberapa bulan terakhir. Pak Ogah hanya bisa terbaring di kasur dan sudah kehilangan semangat hidupnya.

Pak Ogah bahkan sudah sering mengungkapkan keinginannya untuk mati kepada sang isteri, Yuyun.

“Kalau mau ke rumah sakit, nolak terus, sudah enggak mau, ‘mau mati, tuh lihat, maksudnya badannya sudah habis,” ujar Yuyun Widayanti dalam wawancara terakhirnya.

Diketahui sudah empat tahun belakangan ini Pak Ogah bolak-balik ke rumah sakit karena mengalami penyumbatan darah di otak.

Hal tersebut membuatnya mengalami kesulitan berbicara.

Bahkan, belakangan ini Pak Ogah menjalani perawatan di rumah sakit akibat penyakit stroke.

Pak Ogah sempat dirawat di rumah sakit Kartika Husada selama 18 hari sebelum akhirnya diizinkan rawat jalan. Almarhum tutup usia di umur 75 tahun.

Dikenal melalui acara TV seri boneka “Si Unyil”

Abdul Hamid atau pak Ogah dikenal lewat acara TV Si Unyil yang tayang pertama kali di TVRI pada 1981 sampai 1983.

Pak Ogah (kanan) dan boneka yang diperankannya (kiri), Foto : KR Jogja

Dalam tayangan tersebut, Abdul Hamid jadi pengisi suara karakter Pak Ogah. Tokoh ini menjadi salah satu sosok sentral yang identik dengan kepala botak dan suka meminta uang cepek (Rp100) pada orang-orang yang lewat di pos hansip.

Tokoh ini juga dikenal karakternya sebagai orang pemalas. Untuk itu, ia sering dibentak oleh Pak Raden karena ogah-ogahan bekerja.

Sebelum muncul tokoh Pak Ogah di tayangan Si Unyil, Abdul Hamid menjadi mengisi suara sebagai tokoh penjahat dan kakek Meilani yakni gadis keturunan Tionghoa teman sekelas Unyil yang pintar.

Kemudian, Pak Raden yang memperhatikan sosok Abdul, akhirnya melukis tokoh Pak Ogah yang sangat mirip dengan wujud Abdul Hamid.

“Dilukislah sama Pak Raden kepalanya Pak Ogah. Makanya kepalanya agak ke belakang, jadi mirip. Dari situ, lahirlah tokoh Pak Ogah,” ujar Yuyun.

Dari sekian banyak tokoh, Abdul Hamid lebih dikenal lewat karakter Pak Ogah. Terbukti, di kehidupan nyata pun ia kerap dipanggil dengan sebutan Pak Ogah dan menjadi terkenal hingga sekarang.

(*/ham)

Sumber : Kompas | CNN Indonesia
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid