Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Panjat Wall Climbing, Robot Pemanjat Karya Mahasiswa Indonesia Juara di Cina

Mike Wibisono

Terbit

|

MAHASISWA dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta kembali mengukir prestasi di tingkat internasional. Mereka meraih juara tiga kontes robot di Beijing, China.

Kontes robot tersebut digelar oleh Federasi Asosiasi Robot-Sepak Bola Internasional (FIRA) pada 14-18 Desember 2016 lalu.

Kemenangan itu terwujud melalui Tim Lanange Jagad dari Teknik Elektro. Mereka terdiri dari lima mahasiswa yaitu Umar Abdul Maajid, Alfath Jumarianto, Nanda Cahya Pangersa, Anggit Pamungkas, dan Ahmad Sopi Samosir.

“Syukur Alhamdulillah dengan bermodalkan pengalaman FIRA Korea Selatan 2015, tim robot Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD kembali membawa pulang gelar juara 3 kategori Wall Climbing,” ujar Nuryono Satya Widodo, pembimbing tim robot UAD seperti dikutip dari Kabarindonesiapintar.com.

Menurut Nuryono, pada kesempatan itu tim robot UAD mengikuti kompetisi dengan kategori United Soccer, Weight Lifting, Wall Climbing, Sprint, Marathon, Lift and Carry, dan Long Jump. Mereka berhasil juara di kategori Wall Climbing.

“Kategori itu sendiri menuntut robot secara mandiri berjalan menuju suatu tangga. Kemudian menaiki tanpa bantuan atau kendali manusia,” tuturnya lagi di laman itu.

Panjang tangga yang harus dilalui sang robot adalah 1,8 meter. Tim Lanange Jagad menang karena berhasil melalui tangga dengan durasi selama tiga menit.

Diketahui FIRA diikuti oleh 20 tim dari sembilan negara yakni China, Singapura, Malaysia, Indonesia, India, Kanada, Meksiko, dan lain sebagainya. Dari Indonesia diwakili tiga tim yakni, ITS, ITB, dan UAD.

FIRA memiliki tujuan dasar mengambil semangat ilmu pengetahuan dan teknologi robotika untuk orang orang awam dan generasi muda, melalui permainan robot soccer (sepak bola robot) yang digambarkan sebagai kompetisi teknologi robot canggih dalam ruang tertutup.

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook