Hubungi kami di

Natuna

Pastikan Kelengkapan Alat Keselamatan Kapal, Satpolairud Natuna Rutin Lakukan Pemeriksaan

Terbit

|

Anggota Satpolairud Natuna melakukan pemeriksaan alat keselamatan kapal nelayan di Natuna, Kepri. F. Instagram Satpolairud Natuna

MENJELANG masuknya musim angin kencang atau musim utara, Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Natuna secara rutin memeriksa alat keselamatan kapal yang bersandar di kawasan Natuna.

Kasatpolairud Polres Natuna, AKP Sandy Pratama Putra, mengatakan kegiatan pemeriksaan rutin dilakukan di berbagai pelabuhan yang ada di Natuna untuk memastikan setiap kapal memiliki alat keselamatan sebelum melakukan pelayaran baik kapal penumpang, kapal barang, maupun kapal nelayan.

“Pemeriksaan alat keselamatan pada kapal penting, karena sekarang mau memasuki musim utara,” kata AKP Sandy Pratama Putra di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (10/10/2022).

BACA JUGA :  Raih Opini WTP 12 Kali Berturut-Turut, Pemprov Kepri Dapat Penghargaan dari Kemenkeu

Sandi mengatakan, selain memeriksa secara langsung, juga dilakukan melalui media sosial yang aktif dilakukan setiap hari dengan menampilkan kegiatan rutin mereka.

“Iya, ini bagian dari kegiatan agar seluruh masyarakat baik pengguna dan penyedia layanan memastikan alat keselamatan harus tersedia dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, dari hasil pantauan rutin di lapangan masih banyak menemukan para nelayan belum memenuhi standar keselamatan.

“Kalau untuk kapal-kapal niaga seperti kargo ataupun kapal penumpang, itu alat keselamatannya sudah memenuhi standar, namun untuk masyarakat nelayan terkadang masih ada yang tidak memenuhi standar alat keselamatannya,” ungkap Sandy.

BACA JUGA :  Sekda Batam: ASN Harus Paham Penyusunan Pelaporan Kinerja

Ia juga berharap bagi penyedia layanan atau pemilik kapal untuk selalu taat pada aturan keselamatan, sehingga bisa menekan risiko saat terjadi musibah di laut.

“Kalau untuk berlayar biasa yang harus diperhatikan, pertama faktor cuaca, alat keselamatan, dan yang paling penting kelayakan kapal,” kata Sandy.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid