Hubungi kami di

Ini Batam

PHRI: Tingkat Hunian Hotel di Batam Meningkat 80 Persen

Terbit

|

Ilustrasi: Hotel. F. Dok. SHUTTERSTOCK

KETUA Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batam, Mansur, mengatakan, kebijakan membuka kembali pintu perbatasan internasional memberikan dampak signifikan terhadap tingkat hunian hotel di Batam.

Mansur mengungkapkan, saat ini rata-rata tingkat hunian hotel di Batam mencapai 80 persen. “Kalau sebelum dibuka perbatasan cuma sekitar 30 hingga 40 persen,” kata Mansur, dikutip dari Antara, Jumat (29/7/2022).

Meski demikian, kata dia, tingginya tingkat hunian belum maksimum, karena hanya ramai di akhir pekan. Sedangkan di hari kerja, masih relatif rendah. Bahkan, lanjutnya, tingkat hunian kamar di beberapa hotel bisa mencapai 100 persen saat akhir pekan.

BACA JUGA :  Malam Ini, Band Asal Bandung Juicy Luicy Tampil di Melayu Square Tanjungpinang

“Kalau akhir pekan meningkat sangat bagus sekali. Kalau akhir pekan itu sudah seperti hari normal sebelum pandemi, beberapa hotel itu bahkan sudah ada yang terisi sampai 100 persen, ada juga yang 80 persen. Tapi hanya untuk akhir pekan, kalau untuk hari kerja masih belum signifikan,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kembali tingkat hunian, ia berharap penyelenggara kegiatan kembali menggelar Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) di Batam, agar hotel kembali dipenuhi tamu pada hari kerja.

“Jadi kalau MICE diadakan di hotel-hotel itu akan sangat membantu, seperti membuka seminar di hotel, acara pernikahan atau acara lainnya yang berhubungan dengan MICE,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kasus Aktif Covid-19 di Tanjungpinang Tertinggi di Kepri

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan optimisme industri perhotelan di Batam dapat kembali bergairah dengan makin banyaknya kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri. Bahkan, hotel yang tutup akibat pandemi bisa kembali beroperasi.

“Kemungkinan hotel yang sudah tutup pada waktu masih belum dibukanya pintu perbatasan akan buka kembali, tapi butuh proses, apalagi tingkat hunian itu masih di akhir pekan,” ujarnya.

“Terus krisis ekonomi juga sudah mulai terasa di seluruh dunia, jadi jangan nanti memaksakan dibuka, tapi akhirnya jatuh lagi. Apalagi hotel-hotel lama,” sambungnya.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid