Hubungi kami di

Uang

PPh Orang Pribadi Jadi Andalan Pemerintah Saat Pandemi

ilham kurnia

Terbit

|

Ilustrasi

PENERIMAAN pajak dari penghasilan orang pribadi mencatatkan realisasi yang positif di sepanjang Januari-Agustus 2020.

Meskipun ekonomi masih terpantau lesu karena dampak pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19), Jenis pajak ini jadi andalan pemerintah di saat yang lain kontraksi.

Laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencatat sampai dengan akhir Agustus 2020, penerimaan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi (OP) sebesar Rp 9,12 triliun. Angka tersebut tumbuh 2,46% year on year (yoy).

Pencapaian akhir bulan lalu juga memosisikan PPh OP sebagai satu-satunya penerimaan per jenis pajak yang masih tumbuh positif.

Data Kemenkeu menunjukan sepanjang kuartal I-2020 realisasi PPh OP minus 52,23% yoy. Kemudian di akhir kuartal II-2020 beranjak pulih dengan pertumbuhan sebesar 36,04% yoy. Lalu masih dalam tren positif pada Juli dan Agustus masing-masing 11,54% yoy dan 3,56% yoy.

Tren tersebut, merupakan buah dari kepatuhan wajib pajak orang pribadi untuk membayar pajak. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pajak orang pribadi mengalami rebound di kuartal II-2020 karena adanya pergeseran pembayaran PPh Tahunan.

“Namun, PPh OP masih bisa tetap bertahan pada Juli-Agustus 2020. Kita akan tetap jaga untuk orang pribadi meskipun kita lihat secara meluas masyarakat mengalami tekanan dari pendapatan mereka,” kata Menkeu dalam Konferensi APBN Laporan Periode Realisasi Agustus, Selasa (22/9).

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook