Hubungi kami di

Ini Batam

Rp.7 Miliar untuk Bangun kembali Pasar Induk

Mike Wibisono

Terbit

|

Pasar induk Jodoh : © metrotvnews

KEMENTERIAN Perdagangan RI siap membantu Rp 7 miliar untuk pembangunan Pasar Induk Jodoh. Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan anggaran tersebut merupakan bantuan tahap awal.

“Kita minta Rp 100 miliar. Tapi kata mereka banyak amat. Saya bilang, kan mau bagus. Jadi mereka bantu Rp 7 miliar dulu untuk awalnya,” kata Rudi di Kantor Walikota Batam, beberapa waktu lalu.

Pembangunan pasar ini akan mengacu pada detailed engineering design (DED) yang dibuat Pemerintah Kota Batam. Desain ini dibuat dengan menggunakan APBD, di luar dana pusat. Dan rencananya sudah selesai desainnya pada Februari awal.

Untuk pembangunannya, menunggu penyerahan aset dari Kementerian Keuangan.

Saat ini Pemko Batam baru memegang surat pinjam pakai dari BP Batam. Dengan surat ini Pemko sudah bisa mulai membersihkan kawasan pasar induk. Sedangkan pembangunan bisa dimulai setelah ada penyerahan aset.

BACA JUGA :  Batam Seperti Disulap dalam 2 Tahun

Konsep pembangunannya, kata Rudi, akan seperti Pasar Klewer di Solo, Jawa Tengah. Dengan lahan seluas 1,5 hektare, akan dibangun pasar lima lantai. Dan diproyeksikan dapat menampung hingga 2.200 pedagang.

“Jumlah pedagang kaki lima yang mau kita relokasi 1.800 tapi kita siapkan lebih karena saya yakin akan membengkak jumlahnya,” kata dia.

Tak hanya bangunan utama pasar yang jadi perhatian pemerintah. Tapi juga sistem penanganan limbah hingga parkir.

 

(*)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook