Hubungi kami di

Ini Batam

Tahun ini Batam Punya PLUT

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi : Istimewa

TAHUN ini Batam akan memiliki Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM). Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Suleman Nababan mengatakan Kementerian Koperasi sudah menyiapkan anggaran Rp 2,6 miliar untuk pembangunan PLUT ini.

“Untuk desainnya kita yang buat. DED (detailed engineering design) sudah dibuat Cipta Karya (Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang) 2017 lalu,” kata Suleman di Sekupang, Kamis (18/1).

PLUT ini akan dibangun di Bengkong, tepatnya di samping Hotel Golden Bay. Bangunan didirikan di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, hibah dari pengusaha.

Suleman mengatakan PLUT ini akan dimanfaatkan untuk galeri promosi produk hasil KUMKM Batam. Karena selama ini pemasaran merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi usaha mikro kecil.

“Persoalan mereka, produk ada, tapi ada tempat pemasaran. Kalau mau masuk mal, syaratnya macam-macam,” ujarnya.

Masalah lain yang dihadapi usaha mikro kecil di Batam adalah terbatasnya akses teknologi. Oleh karena itu di PLUT juga akan disiapkan tenaga pendamping yang ahli di bidangnya untuk pemasaran daring atau online.

BACA JUGA :  Warga Blokir Jalan, Tolak Pembangunan Tower SUTET

“Sekaligus tempat pelatihan peningkatan sumber daya manusia KUMKM. Kemudian fasilitasi dana bergulir di situ juga. Ada perbankan juga. Jadi satu pintu,” kata dia.

Fasilitas lainnya yaitu perpustakaan yang bisa digunakan pengusaha mikro untuk membaca buku terkait usaha.

Kepala Dinas CKTR, Suhar membenarkan bahwa desain PLUT sudah selesai dibuat tahun lalu. “Nanti bangunannya kita buat dua lantai,” kata dia.

 

Sumber : Media Center Batam

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook