Hubungi kami di

Ini Batam

Sampai Akhir Juni 2020 Stok Beras Batam Tersedia 11 Ribu Ton

Terbit

|

Rapat Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam di Panggung Alun-alun Engku Putri Batam Centre, Batam pada Selasa (23/6). Photo : GoWest Indonesia

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam, Mardanis mengatakan, hingga akhir Juni 2020 nanti stok beras di Kota Batam menyentuh angka 11 ribu ton. Angka ini bersumber dari cadangan beras Kota Batam yang terdata sampai 20 Juni 2020 lalu sebanyak 10 ribu ton dan rencana Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menambah kuota beras untuk sebanyak 1.000 ton lagi pada akhir Juni 2020 mendatang.

Kondisi serupa juga berlaku untuk jenis pangan lainnya. Sehingga Mardanis meminta masyarakat agar tetap tenang karena ketersediaan pangan di Batam masih stabil.

Pada prosesnya, Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam kata Mardanis, terus melakukan pembaharuan data setiap bulannya untuk memastikan kondisi stok pangan.

BACA JUGA :  Hand Sanitizer dan 1000 Masker Untuk Warga di Tiban Kampung

“Ada 20 item kami data terus, beras aman, gula cukup, bawang juga cukup, komoditi pangan kita cukup,” kata Mardanis dalam rapat TPID Kota Batam di Panggung Alun-alun Engku Putri Batam Centre, Batam pada Selasa (23/6).

Mardanis melanjutkan, hal yang saat ini menjadi tantangan adalah menjaga stabilitas harga. Sebab kondisi cuaca yang terjadi saat ini bisa mempengaruhi arus pengiriman komoditas pangan Batam yang sebagian besar berasal dari daerah luar Batam.

Untuk komoditas Bawang, Kota Batam terbantu oleh hadirnya Bawang Birma yang harganya lebih rendah dibanding Bawang Brebes dan jenis bawang lainnya. Dengan kisaran harga di bawah Rp 30 ribu per kilogram.

Sementara untuk komoditas Cabai, saat ini petani lokal Batam baru bisa menjangkau sekitar 5 persen dari total kebutuhan Cabai di Batam. Sehingga jaminan ketersediaan produk dan kelancaran distribusinya menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan.

BACA JUGA :  Pulau Batu Berhenti dan Pulau Pelampong Jadi Pilot Project Penataan Aset Pulau Terluar

Untuk komoditas ayam potong sendiri. Dalam empat bulan terakhir, masih berada di kisaran harga Rp 30 ribu per kilogram. Kenaikan harga ayam yang semuanya disuplai oleh peternak lokal ini akan tergantung dengan kondisi cuaca yang berpengaruh pada pembesaran ternak mereka.

“Stok ayam cukup, itu dari peternak lokal semua, kemungkinan naik tapi target kita tidak lebih dari Rp 40 ribu, dalam 4 bulan lalu harga Ayam Potong di angka Rp 30 ribu” tutup Mardanis.

*(Bob/GoWestId)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook