Hubungi kami di

Kota Kita

Satu Warga Natuna Positif Covid-19

Terbit

|

Ilustrasi: Satu orang warga Natuna terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. F. Dok. Disparbud Natuna

KEPALA Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah, mengungkapkan satu orang warga Natuna konfirmasi positif terpapar virus Corona (Covid-19). Hal itu diketahui berdasarkan pemeriksaan tim Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna.

“Kasus ini ditemukan karena yang bersangkutan berobat ke RSUD dengan keluhan di paru, dan dilakukan pemeriksaan PCR hasilnya positif,” kata Hikmat di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, dikutip dari Antara, Minggu (26/6/2022).

Hikmat menyebutkan, pasien yang baru terkonfirmasi tersebut adalah warga Kelurahan Ranai, Bunguran Timur, seorang laki-laki berinisial U berusia 51 tahun dengan nomor kasus 2924.

Pasien yang kini menjalani isolasi di RSUD Natuna itu memiliki gejala. Namun, hingga saat ini tim belum mengetahui riwayat kontak penularan Covid-19.

BACA JUGA :  RI Bertambah 2.705 Positif Covid-19, Kepri 2 Kasus

Hikmat belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan terkonfirmasi varian baru. “Kalau untuk varian belum tahu karena harus ada pemeriksaan khusus,” ujarnya.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna melaksanakan penelusuran pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien dan tempatnya beraktivitas.

“Dan bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR / Rapid Test Antigen di RSUD Natuna/ Puskesmas,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Natuna, Wan Siswandi, melalui imbauan tertulis menyampaikan masyarakat Natuna harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA :  DLH Tanjungpinang Olah Sampah Plastik Jadi Paving Blok

“Kami mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi
kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 ini,” kata Wan Siswandi.

Ia juga menyampaikan protokol kesehatan ini harus selalu dilakukan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tinggal satu rumah, keluarga tidak satu rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster
tempat kerja bisa kita cegah bersama-sama.

Protokol kesehatan yang senantiasa harus dilakukan adalah memakai masker, menjaga jarak (tidak bersalaman) dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

(*)

Gowest.id

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid