Hubungi kami di

Politika

Sepi Peminat, Pendaftaran Panwascam Daerah Terluar Kepri Diperpanjang

Terbit

|

Ketua Bawaslu Kepri, Said Abdullah Dahlawi. F. Dok. Antara

PEREKRUTAN Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di daerah terluar Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masih sepi peminat. Untuk itu, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kepri masih membuka pendaftaran hingga 27 September 2022 mendatang.

Ketua Bawaslu Kepri, Said Abdullah Dahlawi, mengatakan sejauh ini, pendaftaran Panwascam masih didominasi pendaftar dari kecamatan di daratan, sementara pendaftar dari kecamatan pulau terluar sepi peminat.

“Pendaftaran masih dibuka hingga 27 September 2022 mendatang. Saat ini yang belum banyak peminatnya di kecamatan di wilayah yang aksesnya jauh dari Ibu kota Kabupaten,” kata Said, Minggu (25/9/2022).

Beberapa daerah yang aksesnya jauh seperti Kabupaten Bintan pada Kecamatan Tambelan, Kabupaten Natuna di Kecamatan Midai dan Pulau Laut, dan beberapa kecamatan di Anambas dan Lingga.

BACA JUGA :  KPU Kepri Sebut 12 Persen Data Anggota Parpol Butuh Perbaikan

“Jarak tempuhnya lumayan seperti Tambelan, untuk ke ibu kota Kabupaten Bintan memakan waktu 25 jam perjalanan serta biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak,” ujarnya.

Bawaslu Kepri melalui Bawaslu Kabupaten dan Kota mengantisipasi sepinya peminat di daerah kecamatan pulau terluar dengan melakukan upaya mendatangi langsung ke daerah tersebut dan membuka posko pendaftaran.

“Solusi lainnya ialah pendaftar bisa melakukan pengiriman data administrasi melalui kantor pos atau mengisi alamat pendaftaran dalam jaringan (daring) yang telah disediakan . Pendaftaran di buka terus dari 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB untuk online dan offline,” ujarnya.

Said menjelaskan masalah lainnya di daerah perkotaan untuk perekrutan Panwascam belum memenuhi kuota yang tersedia dimana sesuai petunjuk teknis dari Bawaslu RI, dalam merekrut petugas harus memenuhi kuota minimal 6 orang pendaftar dan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

BACA JUGA :  Polda Kepri Kirim 103 Personel Brimob ke Papua

“Jika hingga batas pendaftaran Panwascam yang masih sepi peminat akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran pada 2 Oktober hingga 8 Oktober 2022,” jelasnya.

Untuk Panwascam di Kota Batam, Karimun dan Tanjungpinang, dikatakan Said, cukup diminati oleh pendaftar meski di beberapa kecamatan masih ada yang belum terisi penuh oleh pendaftar.

“Masih ada beberapa hari lagi jadi kami masih optimistis kecamatan yang belum maksimal pendaftar akan terpenuhi. Bagi masyarakat yang tertarik menjadi pengawas bisa mendaftarkan diri karena masih ada kesempatan hingga tanggal 27 September 2022,” ujarnya.

(*)

Sumber: detik.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid