Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Teknologi yang Membuat Ponsel Jadi Makin Pintar

iqbal fadillah

Terbit

|

Ilustrasi : © digital trends

TELEPON Pintar makin pintar dengan pembaharuan fitur yang disematkan dari tahin ke tahun.

Ada lensa kamera berkualitas tinggi, aplikasi seluler, hingga streaming video.

Seiring teknologi terus berkembang, beberapa produsennya mulai menyematkan berbagai teknologi yang lebih canggih lagi.

Paling tidak, ada empat teknologi yang akan ada di telepon pintar masa depan seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Augmented Reality

Augmented Reality (AR) berhubungan dengan indra manusia. Biasanya penglihatan, yang ditingkatkan melalui penggunaan input sensorik yang dihasilkan komputer seperti suara, video, grafik, dan data GPS.

AR menyediakan lebih banyak informasi bagi pengguna dengan menggabungkan data komputer ke kehidupan nyata.

Sebagai contoh, saat menggunakan kamera ponsel, lewat teknologi AR pengguna dapat mengarahkannya ke suatu tempat real time untuk mendapatkan informasi yang mencakup tempat tersebut.

Sebagian besar aplikasi AR yang tersedia sekarang menggunakan beberapa bentuk Global Positioning System (GPS) untuk memfasiliasi pencarian lokasi dan fitur ini kemungkinan akan berkembang lebih lanjut selama beberapa tahun mendatang.

Untuk saat ini, beberapa produsen telepon pintar terlihat sudah mulai menyematkan teknologi AR dalam handset premium mereka.

2. In-Built Projector

Saat ini berbagai produsen telepon pintar berlomba-lomba mengecilkan bezel supaya menciptakan telepon pintar dengan layar selebar mungkin. Kompetisi ini menyenangkan para penikmat film yang gemar menonton di  telepon pintar dengan layar lebar.

BACA JUGA :  Bagaimana Nasib Akun Yahoo Kita Setelah Yahoo Group Dipensiunkan?

Namun, kini para produsen bisa lebih memanjakan film addict dengan menyematkan In-Built Projector di dalam perangkatnya.

Teknologi ini menampilkan proyektor yang dapat langsung keluar dari telepon pintar dan memungkinkan pengguna menonton video dengan ukuran setara layar 12 inci dan berkualitas HD.

3. Layar lipat

Teknologi ini sedang ramai diperbincangkan karena hampir semua produsen telepon pintar berlomba-lomba menciptakan telepon pintar layar lipat mereka.

Berkat teknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED), layar setipis kertas ini dapat diproyeksikan dari kedua sisi layar, sehingga dapat menampilkan gambar atau video di satu sisi dan menggunakan sisi lain sebagai kontrol.

4. Layar 3D dan hologram

Setelah Apple muncul dengan Retina Display, produsen-produsen smartphone sekarang bergerak dari 2D menuju 3D untuk layar telepon pintar.

Dengan munculnya layar 3D, pengguna dapat mengharapkan proyeksi holografik, di mana ini merupakan kombinasi fitur 3D dan proyeksi dari smartphone sendiri.

Tampilan 3D dapat diintegrasikan dengan elemen gerakan ketika pengguna berinteraksi dengan telepon pintar.

Misalnya, pengguna dapat mengubah ukuran foto dengan menggunakan tangan untuk ‘menarik’ atau ‘memadatkan’ foto-foto holografik yang muncul di depan pengguna.

 

(*)

 

 

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook