Hubungi kami di

Ini Batam

Tim Gabungan Bersihkan Eceng Gondok di DAM Duriangkang

Terbit

|

Foto : © mediacenter Batam

KEPALA Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi memimpin apel pembersihan eceng gondok DAM Duriangkang. Apel berlangsung di Dataran Engku Putri Batam Centre, Rabu (28/11).

Pembersihan eceng gondok di salah satu DAM penyedia air baku ini diikuti anggota TNI-Polri, pegawai Ditpam BP Batam, Satpol PP Kota Batam, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran, dan unsur lainnya.

Usai apel para peserta kembali berkumpul di Kantor Pemadam Kebakaran samping Temenggung Abdul Jamal, sebelum bersama-sama bergerak ke DAM Duriangkang.

“Ini merupakan kerja sosial, yang menyelamatkan seluruh masyarakat Kota Batam. Tepatnya menyelamatkan air yang digunakan masyarakat ke depan,” kata Rudi yang juga Wali Kota Batam ini.

BACA JUGA :  Kordinasi Penanganan Korupsi | Kapolda Kepri Bertemu Direktorat I KPK RI

Menurutnya, ada survei yang menyatakan kondisi DAM sudah terlampau memprihatinkan. Dan saat ini Batam belum memiliki alat untuk menjaga DAM bersih dan air cukup.

“Maka kita gunakan tenaga yang ada hari ini. Kalau tidak, dalam waktu dekat air akan berkurang. Kalau tidak, akan jadi masalah,” tuturnya.

Rudi berharap, para peserta gotong royong ini serius dan kompak ketika bekerja di lapangan. Supaya apa yang direncanakan betul-betul dapat terselesaikan melalui kegiatan di pagi hari ini.

“Apel ini cukup banyak orangnya, hampir 1.000 orang. Saya mohon di lapangan segitu juga. Anggaran kita tak akan mencukupi untuk membangun Kota Batam. Kita berusaha menambah dari sumber daya manusia yang ada secara manual dan pribadi bapak ibu sekalian,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tersisa Satu di Semifinal China Open 2019

Rudi mengatakan DAM di Batam memang cukup banyak. Tapi tak mampu lagi memenuhi kebutuhan. Karena sudah dipenuhi tanaman, sampah, dan tanah.

“Maka ayolah kita jaga DAM ini. Dan kita juga harus mengajak seluruh masyarakat Kota Batam agar tak membuang sampah dan tanah di DAM yang ada,” kata dia.

Kepada peserta gotong royong ia juga berpesan untuk hati-hati. Karena mungkin ada lokasi yang berlumpur. Bagaimana pun keselamatan harus dijaga.

“Dalam waktu dekat kita juga akan selesaikan DAM Sei Harapan,” sebutnya.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook