Hubungi kami di

Ini Batam

Update Kota Batam 18 Juni. 9 Orang Sembuh, 2 Orang Positif Covid-19

iqbal fadillah

Terbit

|

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi. Photo : Dok.

MEMASUKI hari keempat dimasa New Normal Kota Batam, selain banyak ditemukan warga yang terkonfirmasi Positif Covid-19, juga ditemukan adanya Pasien Covid-19 yang dinyatakan telah sembuh. Kendati jika dibanding antara yang Positif Covid-19 dengan yang sudah sembuh masih jauh perbandinganya.

Hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam pada Kamis (18/6) hari ini, mendapati adanya tambahan dua pasien positif Covid-19 DI Batam. Hasil ini berdasarkan temuan kasus baru dan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari “ Cluster HOG Eden Park“ Kota Batam.

Pasien pertama positif hari ini adalah seorang perempuan berinisial “Nn.RS” usia 24 Tahun, Karyawan Dealer Sepeda Motor di Kawasan Nagoya, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam. Ia merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 196 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 172, yang merupakan teman dan tetangga dari kasus Terkonfirmasi Positif Nomor 164 (Ny.LS) Tukang Urut/Pijat yang berkaitan dengan “Cluster HOG Eden Park”.

Sehubungan dengan hasil tracing terhadap kasus nomor. 164, maka pada tanggal 11 Juni 2020 yang bersangkutan melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif, kemudian setelah ibunya dinyatakan positif maka pada tanggal 15 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Perlu diketahui bahwa yang bersangkutan tidak memiliki riwayat bepergian dan sudah dirumahkan dari tempatnya bekerja sejak 2 (dua) bulan yang lalu. Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini sudah dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Kedua, adalah seorang laki-laki berinisial “Tn.MDA” usia 19 Tahun, Belum Bekerja beralamat di kawasan perumahan Tembesi Sidomulyo Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 197 Kota Batam. Perlu diketahui bahwa yang bersangkutan pada tanggal 17 Juni 2020 datang memeriksakan diri ke RS Bhayangkara Batam untuk melakukan RDT secara mandiri guna keperluan persyaratan penerbangan ke Jakarta dalam rangka untuk berobat di RS Harapan Kita sesuai rujukan dari dokter spesialis jantung pada salah satu rumah sakit di Batam.

Hasil yang diperoleh dari pemeriksaan tersebut disimpulkan “Ig.G Reaktif, Ig.M Non Reaktif” selanjutnya diteruskan dengan pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan cukup baik dan stabil serta tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti dan mengingat yang bersangkutan memiliki riwayat penyakit jantung saat ini sudah dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSBP Batam Kota Batam.

Hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster dapat disimpulkan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster-cluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import. Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19 ini.

BACA JUGA :  Satu Pasien Positif Kembali Bertambah, Pasien Lakukan Rapid Test Sebelum Naik Pesawat

9 Pasien Covid-19 di Batam Sembuh

Selain adanya penambahan Pasien Positif-19, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam juga mengkonfirmasi sebanyak 9 orang pasien positif Covid-19 Kota Batam dinyatakan sembuh pada hari ini, Kamis (18/6).

Ke-9 pasien sembuh ini merupakan Warga Kota Batam terkonfirmasi positif Nomor. 104, 108,113, 132, 136, 137, 138, 139 Dan 148. Saat ini mereka dalam perawatan pada rumah sakit di Kota Batam.

Dengan tambahan ini, maka jumlah pasien positif Covid-19 Kota Batam yang sembuh sebanyak 148 orang.

Berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKLPP Batam tersebut, maka oleh Tim Medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Pasien sembuh nomor 104 merupakan seorang aki-laki berusia 29 tahun yang berprofesi sebagai karawan swasta. Pasien dengan nama Dede Maryana ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Elisabeth (RSE) Batam Kota dan RSKI Galang. Ia dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swabnya pada 6 dan 13 Juni 2020 terkonfirmasi negative.

Selanjutnya, pasien 108 yang sembuh adalah Siska Suherita berusia 52 tahun yang berprofesi sebagai karyawan swasta. Wanita ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Elisabeth (RSE) Batam Kota dan RSKI Galang dan dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swabnya pada 6 dan 13 Juni 2020 terkonfirmasi negative.

Pasien nomor 113 yang sembuh hari ini adalah Andreas Supri M, laki-laki berusia 47 tahun yang bekerja sebagai karyawan swasta; pasien nomor 132 bernama Shahnaz yang juga merupakan karyawan swasta berusia 20 tahun; sama seperti sebelumnya, mereka menjalani perawatan di Rumah Sakit Elisabeth (RSE) Batam Kota dan RSKI Galang dan dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swabnya pada 6 dan 13 Juni 2020 terkonfirmasi negative.

Berikutnya pasien nomor 136 merupakan ibu rumah tangga berusia 45 tahun; pasien nomor 137 adalah laki-laki bernama Muhammad Ridwan berusia 33 tahun dan berprofesi sebagai karyawan swasta; pasien 138 merupakan wanita bernama Nanik Eko Wati, ibu rumah tangga berusia 43 tahun; pasien nomor 139 adalah seorang laki-laki berusia 29 tahun yang bekerja sebagai karyawan swasta.

Ke-4 pasien tersebut menjalani perawatan di Rumah Sakit Budi Kemuliaan dan RSKI Galang. Mereka dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swab pada 6 dan 13 Juni 2020 lalu terkonfirmasi negative.

Terakhir, pasien sembuh hari ini adalah pasien nomor 148, merupakan seorang wanita bernama Trisnawati, ibu rumah tangga berusia 68 tahun. Ia menjalani pperawatan di RSE Batam dan RSKI Galang dan dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya pada 6 dan 13 Juni 2020 terkonfirmasi negative.

Saat ini kondisi yang bersangkutan semua dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan self isolatian/karantina mandiri dirumahnya selama 14 hari.

*(Bob/GoWestId)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook