Hubungi kami di

Jalan-Jalan Plesir

Warga Batam Mulai Ramaikan Lagi Tempat Wisata Lokal

iqbal fadillah

Terbit

|

Pengunjung lokasi wisata Reviola Beach pulau Galang Baru, Batam tengah menikmati photo spot dilokasi tersebut, Minggu (12/07). Photo : @Zhr.GoWestId

MEMASUKI pekan keempat paska diberlakukannya aktifitas sosial di masa tatanan hidup baru (New Normal) di kota Batam yang diberlakukan sejak 15 Juni 2020 yang lalu, kehidupan warga Batam pun lambat laun berangsur normal kembali. Terutama aktifitas menikmati hari libur di tempat-tempat wisata lokal yang ada di Kota Batam.

Pantauan Gowest Indonesia pada hari Minggu (12/07) di beberapa lokasi tempat wisata lokal di Kota Batam seperti Taman Rusa Sekupang, Pantai Melayu Nongsa dan pantai di sekitar Barelang, cukup banyak warga Batam menikmati waktu liburan.

Anak-anak bermain di taman rusa Sekupang, minggu (12/7), Foto : GoWest Indonesia/ zhr

Kris, seorang karyawan pengelola Taman Rusa Sekupang mengatakan, sejak diberlakukannya masa New Normal oleh pemerintah, aktifitas kawasan wisata yang dikelola oleh Kantor Aset BP Batam inipun kembali dibuka seperti biasa.

Namun dengan mematuhi aturan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

“Semenjak musim Covid-19, selama tiga bulan kawasan ini ditutup pak. Kami baru buka lagi setelah ada kebijakan New Normal. Alhamdulillah pengunjung pun sudah mulai ramai datang ke sini walaupun belum betul-betul ramai seperti biasanya” kata Kris saat diajak ngobrol di Taman Rusa, Minggu (12/07).

Seorang pengunjung di taman rusa Sekupang, minggu (12/7), Foto : GoWest Indonesia/ zhr

Kris pun berharap ke depannya seiring dengan mulai meredanya kasus warga yang Positif Covid-19 di Batam, kawasan taman wisata yang memiliki 30 ekor rusa ini kembali banyak dikunjungi oleh warga.

Pantai Masih Jadi Primadona

JIKA di tempat wisata Taman Rusa Sekupang pengunjungnya masih belum terlalu ramai, lain halnya dengan tempat wisata di tepian pantai Batam. Dari tiga lokasi pantai yang terpantau, hampir semuanya ramai dan padat dikunjungi oleh wisatawan lokal Batam.

Pantai Reviola (Reviola Bech) yang merupakan salah satu destinasi baru wisata pantai di Batam. Kendati berada hampir di ujung kawasan pula Galang Baru, akan tetapi warga yang berkunjung ke tempat tersebut cukup ramai.

Suasana di pantai Reviola, minggu (12/7), Foto : GoWest Indonesia/ zhr

Di pantai yang menyajikan hamparan pasir pantai yang terbilang cukup bersih ini, ratusan warga tampak menikmati segala kenyamanan yang ada di sana.

Mulai dari berenang, berphoto di spot photo yang sudah disediakan pengelola dan juga aneka permainan pantai lainnya.

Agus, seorang warga dari Batu Ampar yang berwisata beserta keluarganya menuturkan, ia dan keluarganya sengaja datang ke lokasi tersebut karena ingin menikmati suasana liburan yang selama musim Covid-19 tidak pernah mereka lakukan.

“Mumpung ada waktu liburan, selama ini karena ada Covid-19 kami nggak pernah main ke tempat-tempat wisata seperti ini. Tapi sekarang karena sudah diperbolehkan, ya kami dan keluarga nikmati aja waktu liburan ini” kata Agus.

Suasana di pantai Reviola, minggu (12/7), Foto : GoWest Indonesia/ zhr

Kondisi serupa juga terlihat di pantai Kampung Melayu Nongsa. Kawasan pantai yang berhadapan dengan pulau Putri ini, tak kalah ramainya dikunjungi oleh wisatawan lokal Batam.

Sepanjang jalan masuk sampai ke lokasi bibir pantai, ratusan kendaran baik roda dua maupun empat terlihat mengantri masuk ke lokasi. Tidak hanya kendaraan pribadi yang mengantri, beberapa di antaranya ada juga Bus yang membawa rombongan wisatawan lokal Batam.

Sepanjang pinggir pantai yang juga banyak terdapat pondok-pondok kayu tempat makan dan istirahat ini, ratusan warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat menikmati suasana liburan akhir pekan ini.

Aneka permainan di pantai ini seperti Banana Boat, penyewaan perahu penyeberangan ke pulau Putri, ban sewaan dan lain-lain, cukup banyak diminati oleh pengunjung.

Tidak hanya itu, di beberapa sudut pantai yang ada gazebonya terlihat juga aktifitas wisatawan lokal Batam yang tengah asik berkaroke bersama dan kegiatan acara hiburan lainnya.

Menurut Amat, salah seorang pengatur parkir kendaraan di lokasi ini, ramainya orang datang ke pantai Melayu sudah dimulai sejak tiga minggu yang lalu.

“Hari Minggu ini cukup ramai. Sudah tiga kali hari Minggu pantai ini sudah ramai lagi dikunjungi warga. Ya waktu mulai ada Corona di Batam, orang yang berkunjung kesini mulai berkurang walaupun hari Minggu atau hari libur” kata Amat saat ngobrol-ngobrol bersama awak Gowest Indonesia.

Seorang pengunjung dari Batam Centre, Ade yang datang bersama beberapa rekan kerjanya mengungkapkan, ia dan rekannya sudah lama merencanakan kegiatan liburan di pantai ini.

Akan tetapi karena adanya musim Corona, rencana itu jadi tertunda dan baru bisa dilaksanakan saat ini.

“Kami bikin gathering bersama kawan-kawan kerja. Rencananya sudah lama, cuma karena ada Corona jadi kami tunda dulu dan baru hari ini kami ada kesempatannya” kata Ade.

Semoga dengan semakin baiknya kondisi kota Batam dari pandemi Covid-19 ini, akan bisa mengembalikan lagi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat secara normal seperti halnya sebelum adanya musibah Covid-19.

*(Zhr/GoWestId)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *