Hubungi kami di

Hidup Sehat

4 Benda di Rumah Yang Bisa Jadi Sarang Kuman

Mike Wibisono

Terbit

|

TAHUKAH kamu bahwa ada empat benda di rumah tinggal yang bisa jadi sarang para kuman sebagai tempat berkembang biak.

Berikut adalah beberapa spot yang paling kotor dan harus kamu waspadai usai menyentuhnya, seperti dilansir Prevention.

1. Sikat gigi

Kita semua tahu bahwa tempat menyimpan sikat gigi harus tertutup karena rawan terpapar bakteri yang ada di toilet. Namun sayangnya banyak orang membiarkan wadah sikat gigi terbuka begitu saja.

Akibatnya sikat gigi yang seharusnya berperan membersihkan gigi dipenuhi oleh bakteri atau virus yang dapat menginfeksi rongga mulut kamu. Sebagai solusi, rendam sikat gigi kamu dengan air panas dua minggu sekali untuk membunuh bakteri dan simpat di tempat yang tertutup di kamar mandi.

2. Keset kamar mandi

Keset kamar mandi cenderung lembab karena selalu terpapar air saat kaki kita basah. Akibatnya keset menjadi tempat bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Hal ini tentu akan membahayakan kamu  jika kaki dalam keadaan luka sehingga bakteri akan masuk ke dalam aliran darah.

Salah satu cara mudah untuk menjaga keset kamar mandi bebas kuman adalah dengan menggantungnya setelah digunakan agar cepat mengering.

3. Pegangan kulkas

Jika membersihkan bagian dalam kulkas, jangan lupakan bagian gagang kulkas. Pasalnya bagian dimana kita menutup dan membuka kulkas dapat menjadi media perpindahan virus dan bakteri dari tangan kamu.

Sebaiknya bersihkan gagang pintu kulkas dengan larutan cuka dan diamkan selama lima menit. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi dan sabun untuk membersihkan bagian tersebut.

4. Telepon selular

Benda yang tak bisa jauh dari kehidupan masyarakat modern ini juga menjadi tempat perkembangbiakan yang empuk bagi bakteri dan virus.

Bayangkan saja, kamu menyentuh ponsel kapanpun dan dalam kondisi apapun tanpa mencuci tangan sebelum dan sesudah penggunaan. Oleh karena itu wajar jika saat ini banyak masyarakat yang mengidap penyakit infeksi karena penggunaan telepon genggam yang sangat kotor ini. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook